Menggunakan Manfaat Buah Menteng

buah Menteng

buah Menteng

buah Menteng

buah Menteng

Buahbuah yang memiliki nama unik dan jarang didengar ternyata bisa memiliki manfaat yang baik untuk tubuh seperti Buah Menteng. Buah ini mungkin terdengar sebagai nama tempat yang berada di kawasan Jakarta. Hal itu dikarenakanbuah ini sangat banyak ditemukan di daerah tersebut. Maka buah itu disebut dengan Buah Menteng. Buah Menteng ini juga memiliki sebutan lainnya di berbagai daerah. Sebutan buah ini bisa berupa Kepundung, Mundung, Kayu Masam, Kapungung, Engkumu, Kakonau dan berbagi sebutan lainnya.

Kandungan Dalam Buah Menteng

Tanaman buah ini tersebar cukup luas. Di Indonesia sendiri tanaman ini tersebar di berbagai wilayah seperti Sumatera. Sulawesi, Jawa, dan Kepulauan Sunda Kecil. Sementara di negara lain tanaman ini juga tersebar di daerah Brunei, Semenanjung Malaysia hingga Thailand. Tanaman ini dapat tumbuh di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini juga bersifat musiman, tidak setiap periode bulan akan memberikan bunga dan akhirnya berbuah. Untuk musim bunga dari tanaman Menteng ini akan berlangsung pada bulan Oktober hingga Bulan Desember. Sementara untuk musim buahnya sendiri akan berlangsung setelahnya yaitu Bulan Januari hingga Bulan Maret.

Buah Menteng memiliki bentuk yang mirip dengan buah duku, yaitu kecil dan bulat. Namun warna kulit dan warnanya berbeda. Pada saat matang Buah Menteng akan berwarna hijau dan kekuningan. Daging buah Menteng ini ada dua jenis, yaitu ada yang berwarna merah dan ada juga daging yang berwarna putih. Dalam dua jenis daging yang berbeda ini BuahMenteng sama – sama ada yang memiliki rasa asam dan juga manis. Ukurannya pun tidak besar, hanya berdiameter 2 hingga 2, 4 cm. Buah Menteng ini juga memiliki berbagai macam kandungan yang membuatnya bisa dikonsumsi juga secara langsung tanpa perlu diolah terlebih dahulu. Berikut kandungan yang ada di dalam Buah Menteng walaupun komposisinya sendiri tidak terlalu banyak.

  • Protein

  • Karbohidrat

  • Lemak

  • Kalsium

  • Fosfor

  • Zat Besi

  • Vitamin C

Rasa yang dimiliki oleh Buah Menteng ini adalah asam – manis. Namun rasa ini memberikan kesegaran pada yang mengonsumsinya.  Selain bisa dikonsumsi secara langsung, buah ini juga bisa diolah menjadi makanan lain yang tidak kalah enak.

Manfaat Buah Menteng

Bagian buah dari suatu tanaman adalah bagian yang biasanya yang paling bisa dimanfaatkan. Namun, untuk tanaman Menteng ini bagian lainnya juga memiliki manfaat, seperti pada bagian kayu pohonnya. Kayu pohon ini memiliki kualitas yang baik sehingga bisa dimanfaatkan dalam pembuatan perabotan rumah tangga seperti furnitur. Bahkan kayu ini juga bisa dimanfaatkan untuk peralatan lainnya seperti pembuatan perahu bahkan untuk kayu rumah sendiri. Bagian daun dan kulit dari pohon Menteng ini juga memiliki manfaat dalam melancarkan haid dan juga dapat menjadi obat herbal dalam mengatasi mencret. Sementara daging buahnya yang bisa dikonsumsi secara langsung ini memiliki manfaat sebagai berikut.

  • Membantu Pembentukan Tulang Dan Gigi

  • Menjaga Keseimbangan Elektrolit (Asam Basa) Dalam Tubuh

  • Membantu Metabolisme Tubuh Dengan Natrium

  • Memiliki Peran Dalam Metabolisme Asam Lemak Dan Asam Amino

Buah yang sudah mulai sulit ditemukan ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat dari mulai kulit hingga kayu tanamannya. Selain memiliki manfaat di atas, Buah Menteng ini juga bisa dikonsumsi dalam bentuk olahan lain seperti asinan, anggur dan juga sirup yang tentunya akan lebih mudah untuk dikonsumsi.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts