Ragam Manfaat Dari Buah Duwet Untuk Kesehatan

buah duwet

buah duwet

buah duwet

buah duwet

Pasti diantara kalian masih ada yang merasa asing dengan buah duwet ini. Buah yang bernama latin Eugenia cumini atauSyzgium cumini ini tergolong sebagai buah yang sangat langka. Nama lain dari tanaman yang masuk kedalam family tumbuhan Euphorbiaceae adalah buah jamblang. Ternyata buah ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan karena didalamnya mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan ini berasal dari warna kulit dari buah ini yaitu ungu yang dikenal dengan naman antosianin. Ternyata buah duwet tidak hanya kaya akan antioksidan, tetapi juga mengandung serat, mineral, dan vitamin. Lalu apa sajakah manfaat dari buah yang berbentuk lonjong ini? Berikut ini dapat anda simak ulasan dibawah ini mengenai ragam manfaat dari buah duwet untuk kesehatan.

Untuk Kesehatan Jantung

Meskipun berbentuk kecil dan agak masam, ternyata buah ini sangat bermanfaat untuk melindungi kesehatan jantung anda. karena didalam buah duwet mengandung sodium sebanyak 23mg dan kalium 56mg. keduanya sangat berperan penting dalam bertindak sebagai pengatur otot jantung, menolong jantung dalam mengatur detaknya, dan menghindari penyakit yang dapat menyebabkan serangan jantung. Jika anda mengkonsumsi buah ini secara rutin maka kalium didalam tubuh anda dapat terpenuhi dan juga sodium. Untuk mengkonsumsinya anda dapat memakannya secara langsung atau dapat juga dibuat jus yang disertakan dengan kulitnya.

Terhindar dari Diabetes

Bukan hanya untuk menyehatkan jantung, buah jamblang ini juga dapat menghindari anda dari penyakit diabetes. Hal ini telah dilakukan oleh India yang kemudian Inggris mulai mengakui bahwa buah ini memang dapat menghindari penyakit diabetes. Buah ini dapat membantu anda untuk menurunkan kandungan kadar gula yang berlebih didalam darah. Anda dapat mengkonsumsi yang sudah menjadi sirup ataupun jus dan buah ini juga tidak mempunyai efek samping.

Dapat Meningkatkan Nafsu Makan

Dengan mengkonsumsi buah duwet atau buah jamblang yang masih fresh anda dapat meningkatkan daya nafsu makan anda. Daya nafsu makan yang menurun dapat disebabkan karena gangguan pencernaan, sembelit, sakit perut, dan yang lainnya. Jika ingin tidak terlalu masam, anda dapat menambahkan air gula ataupun madu kedalam 50gr buah duwet. Dengan mengkonsumsi secara rutin maka anda akan meraa jika nafsu makan anda dapat lebih meningkat.

Mengobati Sakit Lambung

Pada zaman dahulu orang India mempercayai buah ini untuk mengobati sakit lambung atau maag. Mereka mengkonsumsinya dengan dijus dan bijinya sudah dipisahkan serta sudah disimpan selama 5 hari. sepanjang masa penyimpanan ini, banyak senyawa yang tercipta untuk memulihkan rasa sakit lambung ini.

Untuk Menyehatkan Mata

Jika anda mempunyai masalah dengan kesehatan mata anda, maka anda dapat menjadikan buah duwet ini sebagai obat alami dalam menyembuhkan mata anda. sebanyak 81 IU vitamin A dapat anda temukan hanya dengan mengkonsumsi 100gr buah duwet ini. Vitamin A sangat dipercaya untuk menyehatkan dan menyembuhkan mata dari penyakit berbagai macam penyakit mata seperti rabun dan katarak.

Untuk Melindungi Kesehatan Tulang dan Gigi

Didalam 100 gr buah duwet yang masih fresh mengandung 16mg kalsium, 1,7mg zat besi, 16,7mg fosfor, dan 36 mg magnesium. Keempat senyawa tersebut berperan penting dalam melindungi kepadatan tulang serta menghindari terjadinya gigi berlubang. Untuk para wanita sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah duwet ini karena untuk menghindari penyakit kerapuhan tulang.

Menghindari Penyakit Kolesterol Jahat

Buah duwet mengandung alfa phytosterol dimana senyawa tersebut merupakan jenis sterol yang dapat membantu anda untuk menghindari penyakit kolesterol atau anticholesteremik. Buah duwet ini dapat anda konsumsi bersamaan dengan biji dan daging buahnya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts