Serba- Serbi Buah Bintaro

buah bintaro

buah bintaro

buah bintaro

buah bintaro

Tanaman buah bintaro saat ini banyak digunakan sebagai tanaman penghijauan di pinggir jalan ataupun peneduh di taman kota karena memiliki daya serap karbon dioksida yang baik. Tanaman buah bintaro memiliki pertumbuhan yang cepat, dan mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi lahan. Tanaman ini juga dapat difungsikan sebagai penghasil minyak altenratif pengganti bahan bakar.  Namun tetapi dibalik manfaat buah bintaro juga terdapat bahaya yang perlu diwaspadai pada beberapa bagian pohon ini.

Deskripsi Tanaman Buah Bintaro

Tanaman buah bintaro memiliki habitat asli di daerah pantai dan hutan bakau(mangrove). Tinggi pohon buah bintaro rata-rata 4meter hingga 6 meter, namun ada yang memiliki 12 meter. Daun pohon buah bintaro memiliki bentuk memanjang, hijau tua dan simetris. Pada bagian bunga memiliki mahkota berbentuk terompet dengan pangkal berwarna merah muda. Buah bintaro saat masih muda berwarna hijau, bentuk bulat telur, mengkilap dan ketika sudah matang menjadi merah cerah. Penelitian dari Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor  menyimpulkan buah bintaro terbagi dalam 8% bij dan daging buah 92%. Dalam biji buah bintaro terdapat kandungan minyak dengan kadar 35%-50% dan akan bertambah setelah kering. Kadar minyak yang diiliki pleh buah bintaro melebihi biji jarak. Kandungan minyak yang dihasilkan oleh buah bintaro antara lain asam linoleat (16,7%),asam palmitat (22,1 %) , asam oleat(54,3%) danasam stearat (6.9%).  Dengan demikian minyak dari buah bintaro dapat digunakan sebagai bahan bakar.

Manfaat Buah Bintaro

Ada beberapa manfaat buah bintaro yang dapat digunakan sebagai pengusir tikus, bahan pestisida, bahan bakar alternative, serta racun.

  • Sebagai pengusir tikus, cukup dengan meletakan buah bintaro pada daerah yang sering dilewati oleh tikus. Tikus memiliki indra penciuman yang sangat tajam. Buah bintaro memiliki racun cerberin yang dapat merusak saraf otak tikus. Ketika tikus mencium adanya bahaya dari racun cerberin yang terkandung di buah bintaro, tikus akan menghindar.

  • Untuk membuat sendiri minyak tanah dari buah bintaro, sangat mudah. Kupas buah bintaro, ambil bijinya. Jemur biji buah bintaro dibawah terik matahari. Tumbuk hingga halus biji buah bintaro kering lalu peras hingga keluar minyaknya. Saring hasil perasan agar terlepas dan bersih dari kotoran dan sisa biji yang dihaluskan. Simpan selama 1-2 malam hingga minyak siap digunakan sebagai bahan bakar.  1 kilogram minyak dapat dihasilkan dari 1.8 kilogram biji buah bintaro

  • Racun Ulat Grayak; Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa Kalimantan selatan melakukan penelitian membasmi ulat grayak dengan buah bintaro.

  • Biopestisida ; siapkan 1 kilogram daun bintro segar, rendam dalam larutan ethanol selama 2 hari. Saring ekstrak daun dengan memisahkan cairan dengan daun, lalu uapkan cairan hingga pekat. Untuk mengaplikasikan pada 1 hektar lahan, tambahkan 1 gram dengan 1 liter air. Larutkan 1 gram pasta dalam 5-10 cc minyak tween, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit. 500 liter larutan dapat digunakan untuk 1 hektar lahan.

Bahaya Buah Bintaro

Selain manfaat buah bintaro, buah ini juga memiliki kelemahan yaitu bahaya keracunan dari buah bintaro.  Profesor Aseng Ramlan dari Fakultas Biologi Universitas padjajaran mengungkapkan bahwa buah bintaro mengandung racun “cerberin” yang terdapat dalam daun, batang, maupun biji. Racun ini dapat mengganggu saluran ion kalsium di otot jantung manusia sehingga detak jantung menjadi tidak stabildan dapat mengakibatkan kematian. Tidak dianjurkan membuat api unggun dari buah bintaro karena dapat mengakibatkan sesak nafasdan keracunan saat berkemah.

Tags:

Rate this article!

Serba- Serbi Buah Bintaro,0 / 5 ( 0votes )
author

Author: 

Related Posts