Turunkan Kadar Kolesterol dengan Konsumsi 5 Buah Ini

buah untuk menurunkan kolesterol

buah untuk menurunkan kolesterol

buah untuk menurunkan kolesterol

buah untuk menurunkan kolesterol

Buah untuk menurunkan kolesterol sangat disarankan dikonsumsi bagi penderita kolesterol. Terutama Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam darah. Kolesterol merupakan zat yang memiliki peranan penting di dalam tubuh. Namun, ketika jumlah kadar kolesterol LDL melebihi 100 mg/dl dan semakin tidak terkontrol, maka dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit. Seperti aterosklerosis. Aterosklerosis sendiri dikenal sebagai gejala yang ditimbulkan akibat kadar kolesterol darah meningkat. Sehingga menyebabkan dinding pada pembuluh darah mengalami pengerasan serta pengapuran. Seperti yang diketahui bahwa LDL atau Low Density Lipoprotein berperan sebagai kolesterol yang jahat. Keberadaannya harus dihindari dengan cara mengatur pola makan yang sehat dan tepat. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan berikut ini.

Buah Alpukat

Mengkonsumsi buah alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh. Buah alpukat memiliki kandungan lemak nabati berupa Beta-sitosterol dan asam oleat yang berperan pula untuk meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL di dalam tubuh.

Buah Apel

Mengkonsumsi buah apel dapat menurunkan kolesterol jahat karena mengandung gizi yang berperan untuk melawan LDL. Di dalam buah apel terkandung serat larut yang berperan untuk mencegah pengerasan pada dinding arteri. Selain itu, kandungan Beta-glucan mampu untuk mengontrol kadar kolesterol darah di dalam tubuh. Sehingga keberadaan LDL dapat lebih ditekan agar tidak mengalami peningkatan yang dapat mengganggu kesehatan.

Buah Anggur

Mengkonsumsi buah anggur, maka tubuh dapat mengatur kadar kolesterol yang ada. Di dalam buah anggur terdapat kandungan Flavonoid. Flavonoid memiliki peranan penting untuk menurunkan LDL di dalam tubuh. Selain itu, efektif melawan keberadaan radikal bebas yang terikut masuk ke tubuh. Ketika Anda mengkonsumsi makanan yang tidak sengaja mengandung senyawa berbahaya radikal bebas, Flavonoid akan melakukan peranannya dalam menjaga aliran darah tetap stabil dan tidak terjadi penggumpalan. Seperti yang diketahui bahwa senyawa radikal bebas memiliki potensi untukmeningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Ketika masuk melalui aliran darah dan bertemu dengan sterol dalam keadaan bebas, maka radikal bebas akan sangat mudah bergabung dengan sterol tersebut. Akibatnya, terjadilah penumpukan kolesterol akibat senyawa radikal bebas yang bergabung dengan sterol bebas dan membentuk gumpalan.

Buah Blueberry

Mengkonsumsi buah blueberry termasuk pilihan buah untuk menurunkan kolesterol. Buah blueberry memiliki kandungan gizi berupa Pterostilbene. Pterostilbene ini memiliki peranan untuk melawan radikal bebas agar tidak dapat bebas masuk ketubuh. Dengan begitu jika di dalam tubuh terdapat sterol bebas, tidak akan bergabung atau menggandeng sterol tersebut. Pterostilbene termasuk senyawa antioksidan yang ada di buah blueberry dan terbukti ampuh untuk menurunkan LDL.

Buah Mangga

Mengkonsumsi buah mangga, maka LDL tidak dapat bergerak bebas di dalam tubuh. Buah mangga termasuk buah yang kaya kandungan vitamin C. Vitamin C memiliki peranan yang sangat penting untuk mencegah LDL. Keberadaan LDL di dalam tubuh, atau lebih tepatnya di aliran darah dapat menimbulkan plak atau gumpalan yang menempel di dinding pembuluh darah. Hal itu diakibatkan LDL mengalami oksidasi. Oleh karena itu, di sinilah peranan vitamin C untuk mencegah agar LDL tidak dapat mengalami oksidasi yang dapat menimbulkan plak.

Mengatur pola hidup sehat dengan memperhatikan apa saja makanan dan minuman yang dikonsumsi sangat penting untukdilakukan. Demi mencegah agar kolesterol darah tidak meningkat. Dan terbukti kelima buah yang disebutkan di atas memiliki peranan penting sebagai buah untuk menurunkan kolesterol.

Tags:
author

Author: 

Related Posts