Khasiat Matoa, Si Buah Mungil Dari Papua

buah matoa

buah matoa

buah matoa

buah matoa

Mungkin ada yang bingung dengan nama buah matoa ? Ya, buah ini memang belum sepopuler buah-buahan lainnya. Buah matoa merupakan buah asli dari daerah papua yang memiliki keunikan rasa. Buah ini memiliki aroma seperti buah durian, bahkan saat dimakan pun lidah akan sedikit mengecap rasa durian itu. Tapi bisa dipastikan bahwa buah matoa ini bukan termasuk dalam keluarga durian. Malah sebenarnya buah yang memiliki nama latin Pometia Pinnata ini termasuk dalam rumpun buah rambutan. Bentuk buah ini seperti mirip kedondong dengan ukuran yang lebih kecil. Memiliki warna keunguan atau hijau kemerahan. Buah matoa terdiri dari 2 jenis yaitu Matoa Kelapa dan Matoa Pepeda. Matoa kelapa memiliki tekstur daging yang kering dan kenyal sedangkan matoa pepeda daging buahnya lembek dan lengket. Buah ini termasuk buah musiman karena hanya berbuah sekali dalam setahun yaitu antara bulan Juli sampai Oktober.

Kandungan dalam buah matoa

Seperti halnya buah-buahan lain, matoa juga memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan tersebut adalah :

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Glukosa jenuh

Vitmain A dan C merupakan vitamin yang umum pada sebagian besar buah-buahan, namun tidak dengan vitamin E. Hanya beberapa buah saja yang memiliki kandungan vitamin E yang tinggi dan buah matoa adalah salah satunya.

Buah matoa juga mengandung glukosa jenuh yang menyebabkan buah tersebut terasa lezat dan manis. Namun disarankan untuk tidak berlebihan memakan buah matoa, karena glukosa jenuhnya akan menyebabkan kondisi mabuk atau teler.

Manfaat buah matoa

Meskipun buah ini masih jarang ditemui namun banyak orang sepakat bahwa dengan mengkonsumsi buah ini dapat memberikan manfaat kesehatan, diantarnya :

  1. Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin E yang cukup tinggi membuat buah ini sangat bagus bagi kesehatan kulit. Vitamin E sendiri dikenal sebagai nutrisi kuit yang akan membuat kulit lebih lembut dan lembab. Anti oksidan dalam vitamin E juga dapat menangkal radikal bebas yang bisa memicu kanker kulit. Jika ingin kulit tetap elastis dan terlihat awet muda maka coba konsumsi buah matoa secara rutin

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat ini bisa diperolah dari kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah matoa. Vitamin C merupakan anti oksidan yang dapat meringankan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Vitamin C juga dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh

  1. Mencegah kanker

Vitamin C dalam buah ini juga dapat mengurangi resiko penyakit kanker. Anti oksidan dalam vitamin C akan mencegah tumbuhnya sel kanker yang berasal dari karsinogen. Baik penderita kanker atau yang masih sehat sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini, agar pertumbuhan sel kanker dapat dihambat dan jika bisa dimatikan

  1. Mengurangi stress

Banyak pikiran ? Coba untuk mengkonsumsi buah matoa. Buah ini ternyata dapat berfungsi sebagi penenang alami dengan kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Vitamin E tersebut dapat mengaktifkan hormon yang merilekskan pikiran sehingga dapat mengurangi tingkat stress yang dialami. Rasa segar dan manis pada buah matoa juga akan memberi sensasi menyenangkan bagi otak

  1. Mencegah penyakit jantung

Vitamin C pada buah matoa dapat mengurangi tekanan jantung sehingga bisa terhindar dari resiko penyakit jantung koroner. Vitamin C dapat membantu meluruhkan lemak atau protein sehingga tidak menumpuk di pembuluh darah jantung dan mengakibatkan penyempitan. Jika memiliki pola makan yang tidak sehat bisa juga menggunakan buah matoa sebagai makanan penyeimbang karena kandungan nutrisinya yang cukup tinggi.

Tags:
author

Author: 

Related Posts