Buah Leci

Buah Leci

Buah Leci

Buah Leci

Buah Leci

Buah Leci. Buah merah yang biasanya dibuat menjadi sirup ini merupakan buah yang dapat tumbuh pada iklim tropis. Buahleci awalnya merupakan buah asal Tiongkok yang tumbuh pada iklim subtropis. Namun dalam pertumbuhan dan perkembangannya leci bisa dijumpai di berbagai negara.

Di Indonesia buah leci lebih banyak dikonsumsi masyarakat saat sudah menjadi minuman sirup dan makanan olahan. Namun Anda bisa mengkonsumsi melalui kebun leci di beberapa daerah seperti Lamongan, Purworejo, dan Temanggung. Buah leci yang ada sekarang bisa berasal dari bibit leci Thailand maupun leci kom dari Tiongkok.

Ciri Buah Leci

Kulitnya berwarna merah dengan tekstur kulit kasar dan dominasi duri-duri kecil . Secara sekilas buah ini mirip seperti strawberry. Saat sudah matang, buah leci akan berubah menjadi kecoklatan. Sementara ketika masih mentah kulitnya berwarna hijau.

Buah leci memiliki rasa yang manis dan beraroma wangi. Bentuknya oval. Daging buahnya berwarna putih dengan biji di dalamnya. Leci termasuk buah musiman. Leci akan berbunga dan mulai berbuah saat musim hujan di bulan September hingga Januari.

Untuk membudiyakan buah leci faktor cuaca menjadi salah satu faktor penting. Buah ini tak butuh banyak siraman air, namun tak boleh terkena cuaca panas yang ekstrem. Pupuk kandang atau pupul kompos bisa diberikan untuk membantu budidayanya.

Kandungan Buah Leci

Buah Leci memiliki berbagai kandungan yang sangat baik untuk tubuh dan kesehatan manusia. Kandungan-kandungan dalam buah leci meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin C, kalsium, glukosa, dan sukrosa.

Kandungan serat (peptin) buah leci cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan dan mengatasi beberapa masalah atau gangguan kesehatan. Secara ulasan berikut akan mengulas berbagai manfaat buah leci.

Manfaat Kesehatan Buah Leci

Karena berbagai nutrisinya buah leci memiliki berbagai khasiat dan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Berikut berbagai manfaat dari buah leci.

  1. Membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan buah leci dapat menyeimbangkan tekanan darah serta detak jantung serta menghindarkan diri dari  gangguan jantung.

  2. Melencarkan dan memperbaiki sistem pencernaan. Kandungan dalam buah leci dapat membersihkan sisa makanan maupun bakteri dalam pencernaan.

  3. Membantu menguatkan tulang. Kandungan magnesium dan fosfor dalam leci baik untuk meningkatkan kekuatan tulang.

  4. Mencegah serangan kanker. Kandungan flavanoid, quercitin, dan kaempferol bisa mengurangi sel-sel kanker dalam tiubuh.

  5. Meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas). Vitamin c yang terkandung dalam buah leci berguna untuk menjaga serta meningkatkan sistem imun tubuh.

  6. Mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Sebagai buah antioksidan serta kandungan vitamin Cnya, leci bisa mengatasi gangguan atau tekanan darah tinggi.

  7. Mencegah serangan radikal bebas. Radikal bebas bisa menyerang kesehatan tubuh manusia, sehingga konsumsi buah leci yang mengandung nutrisi baik sebagai pengangkal radikal bebas.

  8. Buah leci juga bisa meningkatkan pembentukan sel darah merah dalam tubuh manusia.

  9. Memperlancar sistem metabolisme tubuh. Kandungan vitamin B dalam buah leci baik sebagai zat untukmelancarkan dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Selain manfaatmanfaat di atas buah leci juga baik untuk menjaga kecantikan dan keindahan tubuh. Di antaranya adalah membantu mencerahkan kulit. Nutrisi dalam buah leci sangat baik sebagai salah satu cara untuk mengatasi jerawat dan mencerahkan kulit sehingga nampak lebih cantik dan indah.

Bahkan bisa mencegah terjadinya penuaan dini. Itulah berbagai kandungan serta manfaat kesehatan tubuh yang terdapat dalam buah Leci.

Tags:

Rate this article!

Buah Leci,0 / 5 ( 0votes )
author

Author: 

Related Posts