Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

buah nanasManfaat Buah Nanas untuk Kesehatan – Buah nanas memiliki nama latin Ananas Comosus yang sangat sering dikonsumsi sebagai buah segar.  Tanaman buah ini memiliki tipologi tidak menyukai air yang menggenang, pusat produksi menyebar luas di Indonesia yaitu di daerah Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Di Jawa Barat misalnya, buah tropis ini ada yang diberi nanas madu, yang berarti memiliki kualitas rasa manis seperti madu sehingga membuat kita semakin giat untuk mengonsumsinya lebih banyak.

Saat ini, belum banyak yang mengetahui manfaat kesehatan buah nanas yang enak ini. bahkan tak jarang buah yang bersisik ini dituduh sebagai penyebab keputihan sehingga banyak kaum perempuan yang sangat malas mengonsumsi buah bersisik ini.  Padahal, riset terakhir menunjukkan buah nanas dipenuhi dengan antioksidan dan fitokimia yang berkhasiat mengatasi penuaan dini, wasir, kanker, serangan jantung, dan penghalau stress.

Buah Nanas Sebagai Sumber Antioksidan

Buah nanas mengandung vitamin c dan vitamin a masing-masing sebesar 24,0 miligram dan 39 miligram dalam setiap 100 gram bahan. Kedua vitamin ini dikenal memiliki antivitas sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit, termasuk kanker, jantung koroner, dan penuaan dini.

aktifitas antioksidan yang diperankan vitamin c dan vitamin a dapat menghambat laju oksidasi molekuler target, yang pada gilirannya dapat menghentikan reaksi berantai pembentukan radikal bebas dalam tubuh yang diyakini sebagai biang penyakit.

Buah Nanas Sebagai Pencegah Stres

di dalam buah nanas mengandung zat serotin, yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan mengurangi stress. Jika kita mengonsumsi buah nanas secara rutin, maka vitamin C yang terkandung di dalam buah nanas bisa mengurangi stress dan menurunkan kolesterol.

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts