Buah Untuk Diet yang Penting Bagi Pencernaan

buah untuk diet

buah untuk diet

Buah Untuk Diet Dengan Hasil yang Mengagumkan

Buah-buahan terbukti sangatlah bagus untuk membantu seseorang menurunkan berat badan. Bahkan beberapa artis pun rela mengganti makanan pokok dengan hanya mengonsumsi buah untuk diet demi mencukupi kebutuhan serat hariannya. Bukan hanya untuk diet saja, buah-buahan juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Karena kesehatan adalah aset, yuk mulai sekarang kita mencoba menerapkan gaya hidup sehat dengan mengurangi sedikit demi sedikit kebiasaan mengonsumsi makanan instan, gorengan, dan junk food! Nah, berikut adalah 10 macam buah-buahan yang dapat dikonsumsi sebagai buah untuk diet sehat kita:

  1. Alpukat:
    Buah ini berada pada peringkat pertama sebagai buah yang sangat baik untuk mempercepat diet. Beberapa wanita merasa takut mengonsumsi buah alpukat karena mengandung lemak sehingga merasa perlu menjauhinya. Faktanya, buah alpukat memang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang disebut dengan Omega 9. Bagaimanapun juga, tubuh memerlukan lemak yang dibakar sebagai penghasil energi. Dengan mengonsumsi alpukat, tubuh mendapatkan asupan lemak yang jauh lebih baik dibandingkan lemak yang dihasilkan dari makanan bersantan atau gorengan. Karena tubuh kita hanya memproduksi omega 9 dalam jumlah yang sangat kecil, maka disarankan untuk mengonsumsi alpukat yang akan memenuhi kebutuhan tubuh akan omega 9. Dengan mengonsumsi buah alpukat, tubuh akan meningkatkan sistem metabolisme, dan membakar lemak untuk menghasilkan energi dan menyehatkan jantung.
  2. Lemon:
    Cara yang paling ampuh untuk mengonsumsi lemon adalah dengan menambahkan satu sendok madu sebagai minuman hangat pada pagi hari. Mengapa? karena air lemon bekerja langsung sebagai detoksifikasi yang akan membersihkan usus sebagai saluran pencernaan sehingga tubuh akan lebih mudah menyerap nutrisi dengan baik. Sebelum mengonsumsi makanan lain, tubuh akan mengeluarkan racun dan meluruhkan lemak melalui sistem metabolisme. Selain itu, buah lemon juga mengandung vitamin B, mineral seperti fosfor dan magnesium, dan vitamin C.
  3. Semangka:
    Di dalam satu gelas jus semangka mengandung sejumlah 50 kalori. Pada artikel sebelumnya sudah pernah dikupas mengenai manfaat buah semangka yang tidak hanya baik untuk mempercepat diet tetapi juga memberikan khasiat lain yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Buah semangka kaya akan vitamin A, B dan C serta lycopene, yang akan melindungi kita terhadap penyakit jantung dan kanker.
  4. Pisang:
    Buah pisang dapat dikonsumsi sebagai camilan sehat karena memberikan efek mengenyangkan pada perut. Hal ini sangat baik untuk menekan nafsu makan dan kebiasaan kita yang selalu ingin “ngemil”. Berdasarkan penelitian yang dikutip dailymail.co.uk, mengonsumsi buah pisang yang masih mentah atau setengah matang sangat baik bagi kesehatan juga lho. Hal ini dikarenakan buah pisang yang masih mentah mengandung zat pati yang merupakan serat larut pada makanan. Zat ini secara lambat akan diserap dan dicerna dalam tubuh menjadi sumber energi. Zat pati di dalam pisang mentah mampu merangsang pelepasan hormon glukagen yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak.
  5. Grapefruit:
    Di luar negeri, jeruk bali dikenal dengan istilah grapefruit untuk membedakan antara jeruk yang pada umumnya disebut dengan orange. Studi terbaru menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi jeruk bali setiap hari cenderung kehilangan banyak berat badan lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tidak sama sekali. Jeruk bali mengandung karbohidrat yang berbeda dengan karbohidrat pada nasi. Karbohidrat pada jeruk bali tidak menyebabkan tubuh mengalami kenaikan gula darah.
  6. Jeruk atau Orange:
    Jeruk sangat bagus sebagai camilan sehat karena selain dapat menekan rasa lapar, kandungan airnya yang tinggi dapat menjauhkan kita dari gejala dehidrasi. Sebagai nilai plus, buah jeruk mengandung rendah kalori sehingga dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Di dalam 100 gr jeruk hanya mengandung sekitar 53 kalori yang artinya, buah jeruk hanya menyimpan 3% dari jumlah asupan kalori harian yang disarankan. Kandungan kalori yang rendah ini sangat mudah dibakar oleh tubuh sehingga tubuh tidak akan menyimpan kalori dalam bentuk lemak ketika tidak terbakar habis.
  7. Apel:
    Buah apel termasuk buah yang berserat tinggi sehingga akan memberikan efek yang mengenyangkan jika dikonsumsi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Tammi Flynn seorang ahli kesehatan di Washington – Amerika Serikat telah membuktikan bahwa seseorang yang mengonsumi satu buah apel sebelum makan mampu menurunkan berat badan. Kemudian Flynn menyarankan orang yang berbeda untuk mengonsumsi 3 buah apel perhari. Hasilnya, hanya dalam 12 minggu orang tersebut mengalami penurunan berat badan hingga 8kg.
  8. Delima:
    Buah delima lebih dikenal dengan nama Pomegranate. Anti oksidan yang tinggi merupakan andalan dari buah ini untuk mempercepat proses diet. Buah yang kaya akan antioksidan membantu pencernaan untuk melancarkan metabolisme, menghilangkan racun dalam tubuh dan meregenerasi sel-sel yang rusak dengan baik. Untuk menu diet, kita disarankan mengonsumsi buah delima sebanyak dua kali sehari dengan cara memakannya secara langsung atau di jus. Selain untuk diet, manfaat buah delima juga dapat menurunkan stres, simak dulu yuk artikelnya.
  9. Nanas:
    Buah nanas kaya akan antioksidan, enzim, mineral, dan vitamin. Salah satu enzim yang sangat pentung untuk mempercepat program diet adalah enzim Bromelain. Enzim bromelain bekerja sama dengan enzim lipase untuk mempercepat pembakaran lemak. Selain itu, enzim bromelain bertugas sebagai pengontrol nafsu makan dan meningkatkan ekskresi lemak.
  10. Buah Berry:
    Buah berry sudah banyak dibudidayakan di Indonesia seperti Blueberry, stroberi, raspberry, dan lain sebagainya. Buah-buahan ini bertugas sebagai detoksifikasi yang baik bagi tubuh. Semakin lancar metabolisme yang terjadi di dalam tubuh, semakin baik pula kinerja tubuh dalam mengontrol berat badan hingga ke tahap ideal.

Demikian sepuluh macam buah-buahan yang terbukti bermanfaat untuk mempercepat diet. Anda lebih menyukai buah untuk diet yang mana?

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts