Buah Untuk Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

buah untuk ibu hamil

buah untuk ibu hamil

Manfaat Buah Untuk Ibu Hamil Dapat Menurunkan Resiko Bayi Lahir Prematur.

Menurut hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 1998, dari 35 persen wanita usia subur yang kekurangan energi protein (KEP) ada 14 persen, di antaranya adalah ibu hamil. Buah-buahan dianjurkan sebagai menu harian yang sangat penting terutama pada masa kehamilan. Para dokter pun menyarankan wanita hamil supaya mengonsumsi buah-buahan dengan porsi yang lebih besar untuk menu sehari-hari. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan vitamin tidak hanya berdampak pada kesehatan ibu hamil saja tetapi juga memenuhi gizi janin. Bayi di dalam kandungan membutuhkan nutrisi penting seperti beta karoten yang membantu perkembangan jaringan dan sel serta membentuk sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Vitamin C dalam buah-buahan sangat penting untuk kemajuan gigi dan tulang, sementara asam folat membantu mencegah kecacatan pada janin. Ibu hamil yang mengonsumsi cukup sayur dan buah akan terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir. Berikut adalah 15 jenis buah untuk ibu hamil yang sangat baik dikonsumsi selama masa kehamilan:

  1. Aprikot:
    Buah aprikot mudah didapat di swalayan dengan harga brrkisar antara 90.000 rupiah per 500 gram nya. Bagi yang belum mencoba buah aprikot, rasanya manis dan sedikit asam namun sangat menyegarkan jika langsung dimakan. Buah aprikot mengandung Vitamin A, C, E, Beta Carotene, Fosfor, Silikon, kalsium, besi dan kalium. Ibu hamil rentan mengalami anemia karena bertambahnya kebutuhan zat besi dan vitamin yang lain sehingga perlu meningkatkan produksi sel darah merah dan plasma 50% lebih banyak. Buah aprikot kaya akan zat besi, anda cukup mengonsumsinya sekitar 2-4 buah agar janin mendapatkan cukup suplai zat besi.
  2. Ceri:
    Ceri merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Saat hamil, wanita akan membutuhkan jumlah yang cukup Vitamin C untuk melawan infeksi seperti pilek dan flu. Mengonsumsi buah ceri juga membantu mencukupi supplay sel darah pada bayi. Buah ceri mengandung Melatonin, yaitu antioksidan kuat yang menyeimbangkan hormon sehingga merangsang pertumbuhan sel selama masa kehamilan. Para ahli menyatakan bahwa melatonin dapat membantu seseorang untuk dapat tidur nyenyak dan terhindar dari stres.
  3. Anggur:
    Anggur dapat digunakan sebagai menu camilan sehat selama masa kehamilan. Kandungan nutrisinya seperti glukosa, fruktosa, pholbaphene, asam galic, asam silikat, asam oksalat, pektin, magnesium, kalsium, zat besi, asam folat dan vitamin B1, B2, B6, B12, sangat diperlukan bagi tumbuh kembang janin. Buah ini pun kaya akan enzim yang penting agar janin terhindar dari kelahiran yang prematur.
  4. Jambu biji:
    Buah jambu adalah buah yang paling banyak diinginkan para ibu saat masa kehamilan. Tidak hanya ngidam mangga, tetapi juga ngidam jambu. Jambu biji memang sangat menyegarkan jika diolah menjadi jus. Buah jambu biji kaya Vitamin C, Vitamin E, Iso-flavonoid, Karotenoid dan polifenol. Khasiatnya, selain sebagai antioksida antioksidan, buah ini mampu menjaga kestabilan tekanan darah, melancarkan pencernaan, memperkuat sistem saraf pusat bayi yang sedang berkembang.
  5. Kiwi:
    Buah kiwi mengandung nutrisi penting seperti Vitamin C, E, A, Kalium, fosfor, magnesium, asam folat dan serat makanan. Buah kiwi dapat memperbaiki gangguan pada sistem pernapasan. Dengan mengonsumsi. buah kiwi, anda dapat terhindar dari penyakit akibat gangguan pada saluran pernapasan seperti batuk, pilek hingga sesak nafas. Fosfor pada buah kiwi sangat baik untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah dan buah kiwi membantu penyerapan zat besi pada usus dengan baik. Baca juga manfaat buah kiwi yang sangat penting untuk perkembangan otak janin ya.
  6. Apel:
    Buah apel berfungsi untuk meningkatkan sistem imun dan daya tahan tubuh ibu hamil dan bayinya. Mengonsumsi buah apel yang cukup dapat mengurangi resiko terkena penyakit ispa seperti asma. Buah apel kaya akan Vitamin A, E, D dan Zinc yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Buah apel juga dapat mencegah Alzheimer, baca kelanjutan manfaat buah apel agar terhindar dari kepikunan.
  7. Mangga:
    Buah mangga mengandung Vitamin C diperlukan untuk melancarkan  pencernaan, mengurangi sembelit dan membebaskan tubuh kita dari infeksi ringan akibat penumpukan bakteri jahat pada pencernaan. Buah mangga juga sangat bagus untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Simak manfaat buah mangga  yang dapat menurunkan berat badan secara drastis di artikel berikut ini ya.
  8. Pear:
    Buah pir mengandung asam folat dalam jumlah tinggi yang ideal untuk ibu hamil. Asam folat sangat penting untuk mencegah kecacatan pada  saraf bayi selama tiga bulan pertama masa kehamilan.
  9. Stroberi:
    Menikmati semangkuk stroberi setiap hari sebagai camilan tidak hanya akan memenuhi kebutuhan vitamin dan serat tetapi juga akan mempercantik kulit anda. Seperti halnya buah mangga, buah ini juga mengandung asam folat yang tinggi. Nutrisi lain seperti mangan dan kalium membantu pertumbuhan tulang yang lebih kuat untuk bayi Anda.
  10. Semangka:
    Semangka merupakan sumber makanan yang kaya vitamin A, C, B6, Magnesium dan Kalium. Buah yang sarat dengan mineral dan kaya serat ideal untuk menjaga kondisi ibu hamil. Buah semangka juga dapat membantu mengatasi mual atau morning sickness. Simak juga bagaimana manfaat buah semangka yang bekerja sebagai pemulih bad mood dan pembangkit energi yuk.
  11. Blueberry:
    Mengonsumsi satu cangkir blueberry mengandung 114 miligram kalium,
    sangat penting untuk mengatur tekanan darah. Blueberry juga memiliki vitamin C, folat, kalsium dan serat. Cara terbaik untuk mengonsumsi blueberry adalah dengan mencampurkannya pada sereal gandum, salad buah segar atau yoghurt.
  12. Sawo:
    Buah sawo mengandung elektrolit, vitamin A, karbohidrat dan energi, cocok untuk ibu menyusui. Selain membantu mengatasi pusing dan mual, buah sawo juga dapat mencegah kondisi iritasi pada usus besar penyebab diare. Buah ini juga membantu meningkatkan produksi kolagen, dan menyembuhkan kita dari gangguan perut seperti diare dan disentri.
  13. Pisang:
    Buah pisang mengandung asam folat, vitamin C, B6, kalium, dan magnesium. Vitamin B6 membantu mengatur kadar natrium dalam tubuh sehingga rasa mual dan muntah dapat terkendali. Kandungan magnesium pada buah pisang membantu memulihkan keseimbangan cairan dalam tubuh. Kalium sangat penting untuk melindungi diri dari kemungkinan serangan stroke atau komplikasi yang seringkali terjadi pada masa kehamilan. Dokter menyarankan mengonsumsi satu buah pisang setiap hari selama trimester pertama kehamilan. Manfaat buah pisang juga dapat meningkatkan kinerja sistem otak juga, yuk disimak penjelasan pentingnya.
  14. Srikaya:
    Buah srikaya sarat dengan vitamin A dan C, yang baik untuk mata, jaringan kulit, rambut, dan tubuh bayi dalam kandungan. Buah srikaya juga dapat eningkatkan perkembangan sistem saraf kofnitif pada bayi. Serat yang tinggi dalam buah srikaya membantu mencegah sembelit dan juga meredakan nyeri saat persalinan. Antioksidan yang tinggi membantu tubuh tetap aktif melakukan detoksifikasi selama masa kehamilan hingga persalinan.
  15. Delima:
    Buah delima mengandung energi, kalsium, folat, besi, protein dan vitamin C. Ibu hamil disarankan mengonsumsi buah delima untuk menyeimbangkan berat badan agar tidak mengalami penurunan berat badan berlebihan. Simak manfaat buah delima yang sangat baik untuk mengatasi stres dan depresi juga ya.

Demikian jenis buah untuk ibu hamil yang sangat dianjurkan selama masa kehamilan. Ada beberapa jenis buah yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, salah satunya yaitu buah durian. Jadi, berhati-hatilah dalam memasukkan nutrisi ke dalam tubuh anda ya.

Pencarian Terkait

Tags:

Rate this article!

author

Author: 

Related Posts