Ini Dia Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh Yang Wajib Diketahui!

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh – Jeruk nipis hampir setiap hari kita temukan di dalam rumah, karena sering dijadikan sebagai bagian dari bumbu masak setiap hari.

Karena selama ini kita hanya mengetahui bahwa menggunakan jeruk hanya untuk memberi rasa asam pada makanan yang dimasak dan membutuhkan rasa asam, maka kita seperti abaikan atau tidak mau tahu apa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh.

Diantara sekian banyak macam jeruk yang bisa kita jumpai setiap hari, Jeruk nipis merupakan jeruk yang paling banyak manfaatnya untuk kesehatan. Bila demikian, saya bisa pastikan kalau kita semua tentu ingin tahu apa saja manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Kandungan Vitamin C

Jeruk nipis sangat kaya dengan kandungan vitamin C. Kita tahu bahwa tubuh kita sangat memerlukan vitamin C yang cukup setiap hari untuk membantu daya tahan tubuh.

Misalnya untuk kaum pria dewasa membutuhkan 85-90 miligram vitamin C setiap harinya, sedangkan untuk kaum wanita dewasa membutuhkan sekitar 70-75 miligram vitamin C setiap hari.

Dengan demikian untuk menambah vitamin C setiap hari secara alami maka kita bisa mengkonsumsi jeruk nipis, atau ditambahkan kedalam makanan saat dimasak, karena setiap porsi jeruk nipis mengandung 50 miligram vitamin C.

Jeruk Nipis Kaya Akan Mineral

Selain kaya akan vitamin C, jeruk nipis juga kaya akan mineral yang memiliki kalium tinggi kurang lebih 490 miligram dalam satu porsi jeruk nipis manis.

Bukan itu saja karena jeruk nipis juga memiliki kandungan tembaga, besi, fosfor dan kalsium. Semua kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Jeruk Nipis Rendah Kalori

Jeruk nipis merupakan buah yang rendah kalori sehingga sangat baik dikonsumsi saat sedang menjalankan diet rendah lemak. Misalnya saja sahabat cara diet sehat mengkonsumsi sekitar 3,5 Oz jeruk nipis manis, maka kalori yang ditambahkan dalam tubuh hanya 43 kalori.

Selain itu jeruk nipis manis juga mengandung protein, sehingga untuk diet sahabat cara diet sehat bisa menambah protein dengan mudah. Dengan menkonsumsi jeruk nipis, tentu manfaatnya adalah dapat mengikis timbunan lemak dalam tubuh. Dari pengalaman pribadi saat diet saya sendiri setiap pagi dan sore sering mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin setiap hari dan itu sangat membantu.

Jeruk Nipis Berguna Untuk Pencernaan

Jeruk nipis juga mengandung Flavonoid yang meningkatkan produksi asam, empedu, dan cairan pencernaan, ini akan sangat membantu untuk fungsi pencernaan dalam tubuh dengan baik, juga dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh.

Seringkali bila terjadi gangguan pencernaan yang mengakibatkan terjadinya muntah, mual, atau diare, maka mengkonsumsi jeruk nipis akan sangat baik untuk menenangkan perut.

Jeruk Nipis Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seperti yang sudah saya singgung diatas bahawa Vitamin C sangat diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi jeruk nipis akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi dan penyakit, serta radikal bebas.

Jeruk Nipis Baik Untuk Kulit

Jeruk nipis juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Karena bermanfaat untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh, sehingga akan berdampak kepada kulit, dimana kulit akan terlihat lebih sehat dan cerah.

Hal ini tentu juga dipengruhi oleh kandungan vitamin C yang tinggi yang terdapat dalam jeruk nipis, sehingga kulit akan terlihat lebih segar. Dengan demikian maka kulit akan tampak lebih awet mudah karena kandungan antioksidan didalamnya membantu kulit lebih awet mudah.

Jeruk Nipis Melawan Kerutan Akibat Penuaan

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk nipis seperti sudah dijelaskan diatas, dapat berfungsi sebagai antioksidan alami. Vitamin C akan menghilangkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Bila sahabat cara diet sehat mau mengkonsumsi jeruk nipis secara teratur maka akan dapat mengatasi masalah kulit yang mulai mengalami kerutan akibat penuaan.

Jeruk Nipis Untuk Menurunkan Berat Badan

Sahabat cara diet sehat yang sedang menjalani proses diet rendah lemak sangat baik untuk mengkonsumsi jeruk nipis secara teratur karena hal ini akan sangat membantu.

Alangkah baiknya dimulai setiap pagi dengan mengkonsumsi satu gelas jeruk nipis hangat, sehingga dapat memberi rasa kenyang karena mengandung serat. Selain itu juga dapat menambah vitamin C pada tubuh, dan hal ini bila dilakukan secara teratur maka akan sangat membantu menurunkan berat badan.

Jeruk Nipis Untuk Mengatasi Sembelit

Bila sahabat cara diet sehat sering mengalami sembelit maka cobalah untuk sesering mungkin minum air hangat dengan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan sembelit.

Hal ini karena air hangat dengan perasan jeruk nipis tersebut akan membantu merangsang serta mengatur gerakan usus, sehingga bisa menghilangkan rasa sakit pada perut akibat dari sembelit.

Ok, itulah beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh. Saya berharap artikel ini bisa bermanfaat buat teman-teman semua.

Tags:
author

Author: 

Related Posts