Buah Alpukat Untuk Menghaluskan Kulit dan Melembutkan Rambut

manfaat buah alpukat

manfaat buah alpukat

Manfaat Buah Alpukat Untuk Mempercantik Kulit dan Memperindah Rambut Dalam Sekejap.

Buah alpukat merupakan makanan sehat yang dianjurkan bagi kita yang cenderung memiliki permasalahan kulit seperti jerawat, kusam, kering dan keriput. Tetapi bukankah buah alpukat mengandung lemak? Buah alpukat memang mengandung lemak 20-30 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah lainnya. Lemak ini tidak bersifat menggemukkan karena lemak yang terkandung di dalam buah alpukat merupakan jenis lemak tak jenuh tunggal yaitu asam folat tunggal yang bersifat antioksidan dan mudah dicerna sebagai pembentuk energi. Apa sajakah manfaat buah alpukat bagi kecantikan dan kesehatan tubuh kita? Berikut adalah penjelasannya:

– Buah alpukat menghilangkan keriput dan bintik hitam.
Radikal bebas adalah penyebab kulit kita menjadi tampak lebih tua dari usia kita sebenarnya. Alpukat bekerja dengan baik untuk mengurangi keriput dan bintik-bintik hitam yang muncul seiring bertambahnya usia. Kini banyak perusahaan kosmetik yang memanfaatkan khasiat buah alpukat karena kandungannya dapat memperbaiki tekstur kulit. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, kita hanya cukup mengoleskan buah alpukat yang telah dihaluskan pada wajah dan biarkan selama satu jam sebelum membilasnya dengan air dingin. Buah alpukat mengandung 2 miligram vitamin E dan 9 miligram vitamin C, serta 13 miligram kalsium yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Buah alpukat juga dapat diaplikasikan pada kulit tubuh yang kering dan bersisik. Karena mengandung minyak alami, buah ini dapat menghaluskan permukaan kulit yang kering.

– Buah alpukat sebagai sunscreen alami yang kaya antioksidan.
Mengonsumsi buah alpukat secara langsung bermanfaat sebagai pelindung kulit dari sinar UVA dan UVB selama kita beraktifitas. Antioksidan yang kuat pada buah alpukat akan bekerja seperti sunscreeen atau tabir surya yang mampu menangkal gejala kanker kulit. Para dokter menyarankan untuk mengonsumsi buah alpukat bagi wanita yang menginginkan warna kulit yang lebih cerah, tidak kering dan bercahaya. Dengan begitu tubuh akan mendapat asupan akan vitamin E sebagai peningkat sistem imun untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dengan cepat.

– Buah alpukat untuk menghilangkan jerawat.
Buah alpukat akan bekerja mengontrol kelenjar lemak pada tubuh untuk mengurangi produksi minyak yang berlebih terutama pada bagian wajah, meningkatkan sirkulasi darah pada kulit, meregenerasi sel-sel kulit mati sehingga tidak menimbulkan penumpukan racun pada tubuh penyebab munculnya jerawat. Kandungan asam aminu glutamin secara efektif akan diserap tubuh untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan efek buruk dari sinar matahari.

– Buah alpukat menyehatkan kulit rambut.
Kandungan minyak pada buah alpukat dapat dengan mudah diserap kulit hingga bagian terdalamnya. Dengan mengaplikasikan buah alpukat sebagai masker pada rambut akan membantu mempercepat pertumbuhan rambut baru dan melancarkan peredaran darah pada kulit kepala. Pada jaman dahulu, masyarakat Mesir menggunakan masker rambut untuk mencegah rambut rontok dan terbukti ampuh menangkal kebotakan. Bagi anda yang memiliki rambut keriting, kering atau sulit diatur, ada baiknya anda mencoba membuat sendiri masker buah alpukat. Khasiatnya akan dapat langsung ada rasakan, tekstur rambut menjadi lebih lembut dan tidak kaku. Jika anda melakukannya secara bertahap, saatnya say goodbye pada rambut kering dan bercabang.

– Buah alpukat menjadikan rambut semakin berkilau.
Kandungan vitamin dan asam lemak omega 3 pada buah alpukat menjadikan rambut indah dan berkilau. Kulit kepala yang kering adalah penyebab munculnya ketombe dan kerontokan pada rambut. Nutrisi yang terkandung di dalam buah alpukat dapat menembus kulit kepala hingga bagian epidermis yang akan menjaga kelembaban kulit, menyehatkan folikel rambut sehingga rambut menjadi sehat alami. Kekurangan vitamin B dan E pada tubuh juga dapat menyebabkan rambut rontok. Dengan mengonsumsi buah alpukat, tubuh akan ternutrisi dari dalam, memperkuat akar rambut, meremajakan dan melembabkan kulit rambut sehingga rambut akan terjaga dari kerusakan. Selain itu, protein dan asam amino alpukat juga membantu menyehatkan kulit kepala.

Apakah hanya itu saja manfaat buah alpukat yang akan kita peroleh selama mengonsumsinya? Hem, tentu saja masih banyak lagi manfaat lain yang terkandung di dalam buah alpukat. Kandungan protein pada buah alpukat lebih tinggi dibandingkan dengan protein yang terkandung di dalam roti atau sereal gandum. Selama mengonsumsi buah ini, tubuh akan mendapatkan asupan vitamin E yang bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas. Berikut adalah manfaat penting lainnya:

– Mencegah Penyakit Kardiovaskular:
Buah alpukat mengandung asam folat tinggi yang dapat mencegah risiko stroke. Asam folat membantu melindungi kolesterol baik yang dapat mengurangi terjadinya penyakit kardiovaskular. Selain itu, buah alpukat mengandung lemak tak jenuh ganda, kalium, asam linoleat dan oleat berfungsi menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL. Sebuah studi yang dilakukan Archives of Medical Research membuktikan bahwa pasien yang mengonsumsi buah alpukat mampu menurunkan 22% kadar kolesterol jahat dan mengalami peningkatan 11% terhadap kolesterol baik.

– Melawan Kanker:
Buah alpukat juga dikenal sebagai buah anti kanker. Studi kesehatan telah membuktikan bahwa buah ini mencegah perkembangan sel kanker yang paling banyak diderita manusia seperti kanker mulut, kanker payudara, dan kanker prostat dengan cara memperbaiki sistem pencernaan. Kondisi tubuh yang sehat selalu ditandai dengan kondisi pencernaan yang lancar. Karotenoid adalah antioksidan yang terkandung didalam buah alpukat yang bertugas melindungi tubuh terhadap perkembangan sel kanker.

– Meningkatkan Ketajaman Penglihatan:
Buah alpukat mengandung serat tinggi dan lutein karotenoid yang melindungi mata dari katarak yaitu penyakit mata yang seringkali terjadi seiring bertambahnya usia. Dengan mengonsumsi buah alpukat, kesehatan sistem penglihatan kita akan terjaga.

– Efektif untuk menurunkan berat badan:
Manfaat buah alpukat membantu mengendalikan berat badan secara efektif. Kandungan lemak yang tinggi dengan cepat memberikan efek kenyang sehingga mencegah tubuh kita untuk mengurangi makan berlebihan. Lemak tak jenuh tunggal meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh. Penelitian telah membuktikan bahwa seseorang yang mengonsumsi buah alpukat cenderung mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Semakin bertambahnya usia, tubuh kita akan lebih rentan terserang bakteri dan jamur penyebab masalah sembelit, maag, insomnia dan permasalahan pada sistem saraf lainnya. Serat yang dihasilkan buah alpukat lebih tinggi daripada serat pada buah pisang. Per 150 gram buah alpukat mengandung 10 gram serat, mencapai 40% jumlah serat harian yang dianjurkan untuk dikonsumsi.Dengan mengonsumsi buah alpukat, sistem tubuh akan bekerja secara maksimal.

Karena buah alpukat dapat menjadikan kulit kita tampak lebih cantik dan sehat, yuk mulai saat ini biasakan mengonsumsi buah alpukat.

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts