Buah Bit Ampuh Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat

buah-buahan

manfaat buah bit

Manfaat Buah Bit Untuk Menyembuhkan Jerawat

Banyak faktor yang menyebabkan munculnya jerawat pada wajah. Selain karena faktor usia dan hormon, mengonsumsi makanan tertentu juga dapat memicu peradangan pada wajah sehingga jerawat menjadi penyakit yang sulit dihilangkan. Untuk mengatasinya, kita tidak perlu terburu-buru menggunakan berbagai jenis krim wajah yang kini telah banyak dijual di pasaran. Cobalah melakukan detoksifikasi pada tubuh dengan cara mengonsumsi sayur dan buah yang dapat mengeluarkan racun-racun penyebab jerawat.

Buah bit adalah salah satu jenis buah yang sangat berkhasiat untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Namanya menjadi kurang familiar karena jarang ditemukan di pasar tradisional sehingga tidak banyak yang mengetahui akan manfaat dari buah ini. Apa sih buah bit itu? Buah bit adalah sejenis tanaman yang menyimpan cadangan makanannya pada akar, seperti buah bengkoang atau jenis umbi-umbian yang lain. Buah ini berwarna merah maroon dan dapat tumbuh dengan subur di Indonesia. Anda dapat membelinya di pasar swalayan dengan kisaran harga lima puluh ribu per kilogram nya. Tanaman yang bukan asli dari Indonesia ini berasal dari Amerika Utara dan mulai dikembangkan di Inggris. Bagi anda yang belum pernah mencobanya, buah bit akan terasa sedikit sedikit aneh di lidah. Tetapi, jika anda mengetahui manfaatnya yang begitu besar, anda akan ketagihan mengonsumsinya.

Buah bit yang segar memiliki ciri-ciri bentuk buah yang tidak terlalu kecil. Hindari memilih buah bit yang berukuran terlalu besar hingga muncul retak-retak pada permukaannya. Pilihlah yang bertekstur keras, tidak layu dan tidak kering. Buah bit yang bagus dan sudah matang berwarna merah atau merah marun. Buah bit yang layak dikonsumsi tidak berlendir dan daging buahnya tidak mengeluarkan cairan jika ditekan secara perlahan. Sebelum kita mengetahui bagaimana buah bit bekerja menghilangkan jerawat yang muncul pada wajah, berikut adalah zat-zat yang terkandung di dalam buah bit dan manfaat buah bit yang akan diperoleh tubuh jika mengonsumsinya:

– Asam Folat

Buah bit mengandung asam folat yang berfungsi untuk menumbuhkan dan mengganti sel-sel yang rusak dalam tubuh. Hal ini berkaitan dengan pembentukan sel darah merah yang menjadikan tubuh lebih kebal terhadap penyakit dan sel-sel kanker. Agar tubuh dapat memproduksi sel darah merah dengan baik, ia memerlukan makanan yang mengandung asam folat.

– Kalium

Kalium berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Tubuh akan terhindar dari gejala dehidrasi selama kita rajin mengonsumsi buah-buahan yang mengandung kalium.

– Serat

Tidak perlu diragukan lagi akan manfaat dari zat yang satu ini. Serat memegang peranan penting dalam melancarkan metabolisme dalam tubuh sehingga racun-racun penyebab timbulnya jerawat pun akan dikeluarkan ketika buang air besar.

– Vitamin C

Vitamin C berfungsi untuk menumbuhkan jaringan atau regenerasi kulit serta menormalkan peredaran darah. Karena tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri, maka sangat penting mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

– Magnesium

Magnesium berfungsi untuk menjaga fungsi otot dan syaraf.

– Zat Besi

Berfungsi untuk membantu memetabolisme protein, memproduksi hemoglobin dan enzim, mengedarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, serta sebagai pembentuk energi.

– Tembaga

Zat ini juga sangat penting untuk membentuk sel darah merah.

– Fosfor

Berfungsi untuk memperkuat tulang.

– Caumarin dan Betasjanin

Merupakan zat yang sangat baik untuk mencegah tumor dan kanker.

Manfaat buah bit untuk menyembuhkan jerawat terletak pada fungsi asam folat, vitamin C dan serat yang bekerja di dalam tubuh. Seseorang yang kurang mengonsumsi zat tersebut akan mengalami gangguan pada sistem pencernaan atau metabolisme yang tidak lancar. Tubuh tidak dapat melakukan tugas detoksifikasi secara baik, artinya organ seperti usus, hati, dan ginjal tidak dapat bekerja secara maksimal menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang telah dikonsumsi. Ketika organ tubuh tersebut tersumbat oleh racun, dan tidak dapat mengeluarkannya melalui usus besar atau saluran urine, ia akan mencari jalan keluar yang lain seperti kulit. Kulit menjadi terbebani dengan pekerjaan mengeluarkan racun tersebut dan mengalami peradangan yang tampak dengan munculnya jerawat. Buah bit akan membantu menyembuhkan organ tubuh dengan meredakan ketegangan pada ginjal dan membersihkan saluran pencernaan dengan baik.

Untuk mengurangi rasa yang kurang begitu enak, resep berikut dapat anda terapkan sebagai alternatif mengonsumsi buah bit yang kaya akan manfaat.

Bahan:

– 3 butir buah bit segar

– 2 buah apel

– 1 lemon, kupas

Semua bahan diatas di jus tanpa perlu menambahkan gula. Sebagai menu sarapan, anda juga dapat mengolah buah bit sebagai salad dengan mencampurkan buah segar lainnya. Sebelum menyimpannya di dalam lemari es, sebaiknya masukkan buah bit ke dalam kantong plastik yang telah dilubangi. Buah bit yang disimpan di dalam lemari es dapat bertahan maksimal selama tiga minggu. Selain untuk menyembuhkan jerawat, manfaat buah bit dapat dirasakan oleh penderita luka eksim. Anda dapat memanfaatkannya sebagai pengobatan herbal untuk kesembuhan penyakit kulit seperti eksim. Selamat mencob yaa!

Tags:
author

Author: 

Related Posts