Buah Durian Membuat Tubuh Kita Menjadi Awet Muda

manfaat buah durian

manfaat buah durian

Durian bukanlah buah yang mematikan jika kita mengenali manfaat buah durian dengan baik.

Apakah anda termasuk pecinta buah durian? Buah yang dianggap sebagai salah satu buah terbaik di dunia dan bahkan disebut sebagai “Raja Buah “oleh masyarakat Asia Tenggara. Buah durian merupakan tumbuhan tropis yang memiliki bau unik dan berduri pada permukaan kulit buahnya. Karena aromanya yang cukup khas, buah ini banyak dihindari oleh mereka yang tidak begitu menyukai aromanya terlebih banyak masyarakat beranggapan bahwa buah durian berbahaya jika dikonsumsi. Bagi yang tidak tawar, mencium aromanya saja bisa langsung pusing dan mual. Daging buah durian mengandung nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, lemak, karbohidrat, riboflavin, dan folat. Nutrisi yang paling dominan yaitu zat besi dan fosfor. Kedua mineral pada daging buah durian tersebut 10 kali lebih banyak dibandingkan yang terkandung di dalam buah pisang. Selain rasanya yang manis dan aroma buah yang begitu mengundang selera, berikut adalah fakta dan manfaat buah durian yang sangat baik bagi tubuh kita:

– Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Kadar vitamin C nya yang tinggi menjadikan buah ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang mampu menjauhkan tubuh kita dari serangan penyakit yang tersebar melalui virus. Selain itu, antioksidan yang tinggi juga dapat menangkal radikal bebas sehingga tubuh kita akan selalu tampak awet muda. Di dalam 100 gram buah durian terkandung kalori sebesar 147 mg. Daging buah durian dapat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kuning. Karena mangan yang terkandung di dalamnya, buah ini dapat membantu tubuh menjaga kestabilan gula darah. Mengonsumsi buah durian selama masa kehamilan dapat meningkatkan kadar estrogen yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesuburan. Selain itu, buah durian akan menjaga kestabilan berat badan selama masa kehamilan. Tetapi, disarankan untuk tidak mengonsumsi buah durian ini terlalu banyak selama masa kehamilan.

– Menjaga kesehatan tulang dan sendi.
Daging buah durian mengandung vitamin B, kalium, dan kalsium yang tinggi. Ketika tiga zat ini digabungkan bersama-sama, mereka dapat berkontribusi memperbaiki kondisi tulang, menjadikannya lebih kuat, dan menjaga kesehatan persendian. Kalium bertugas mengatur distribusi dan pelepasan kalsium dalam darah sehingga menjadikan tulang lebih kuat dan mencegah osteoporosis.

– Memberikan efek kenyang dalam jangka waktu lama.
Satu buah durian mengandung lebih dari 350 kalori dan 13 gram lemak. Untungnya, lemak yang terkandung di dalam buah durian adalah jenis lemak yang baik sehingga kita tidak perlu khawatir akan kegemukan. Satu buah durian mengandung serat sebanyak 9 gram yang artinya dapat memenuhi kebutuhan serat sebesar 7% dari kebutuhan harian tubuh kita.

– Meningkatkan sistem imun.
Mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C dapat membantu tubuh melawan penyakit, mempercepat penyembuhan luka, membantu menurunkan kadar kolesterol, dan melancarkan aliran darah.

– Menjadikan tubuh awet muda.
Vitamin B memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat buah durian salah satunya yaitu dapat menangkal radikal bebas, mencegah penuaan dan penyakit jantung. Hal ini dikarenakan buah durian mampu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) di dalam tubuh dan bahkan dapat membantu meningkatkan kadar serotonin yang dapat meningkatkan mood seseorang sehingga meringankan depresi.

– Meningkatkan produksi hemoglobin.
Buah durian tinggi akan zat besi yang diperlukan dalam pembentukan dan sel darah merah. Durian juga mengandung mangan yang membantu menjaga kesehatan tulang dan kesehatan kulit.

– Menstabilkan tekanan darah rendah.
Kalium adalah elektrolit penting yang membantu mengontrol tekanan darah, menjaga kadar natrium, dan membantu mengatur detak jantung.

– Menyembuhkan insomnia.
Buah durian mengandung Tryptophan. Manfaat tryptophan yaitu mampu meningkatkan kualitas tidur, relaksasi dan menenangkan pikiran. Karena tubuh tidak dapat memproduksi zat ini, mengonsumsi buah durian dapat digunakan sebagai alternatif untuk menenangkan pikiran. Senyawa ini sangat baik untuk menurunkan tingkat stres dan meedakan gejala depresi.

– Membantu memecah glukosa dengan baik.
Buah durian mengandung senyawa bernama thiamin yang dapat mencukupi sekitar 30% kebutuhan harian tubuh kita. Thiamin adalah sebutan lain dari vitamin B1. Thiamin atau vitamin B1 pada awalnya ditemukan oleh seorang dokter militer Belanda Dokter Eijkman. Dr. Eijkman mengatakan bahwa kekurangan vitamin B1 dapatmenyebabkan penyakit kaki gajah. Vitamin B1 membantu metabolisme glukosa, mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang pada untuk menghasilkan energi bagi tubuh agar berfungsi optimal. Metabolisme karbohidrat memegang peran penting dalam menjaga keseimbangan sistem tubuh, terutama pada organ hati (liver).

– Meningkatkan fungsi otak.
Buah durian memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Asam folat dapat membantu mencegah penyakit jantung, perkembangan janin, dan bahkan membantu meningkatkan fungsi otak. Satu porsi buah durian dapat mencukupi 20% kebutuhan harian tubuh akan asam folat.

Manfaat buah durian memang sangat besar bagi tubuh, namun kita tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsinya. Wanita hamil, penderita hipertensi, diabetes kencing manis, asam urat dan kolesterol tinggi merupakan golongan yang tidak diperbolehkan sembarangan mengonsumsi buah durian karena akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sekali lagi, megonsumsinya dalam jumlah wajar tidak akan menyebabkan gangguan pada tubuh. Setelah mengonsumsi buah durian, alangkah baiknya jika kita minum lebih banyak air untuk mempermudah kinerja ginjal menetralisir zat-zat yang tidak diperlukan.

Pencarian Terkait

Tags:
author

Author: 

Related Posts