Buah Jeruk Menjauhkan Tubuh Dari Penyakit Flu

manfaat buah jeruk

manfaat buah jeruk

Manfaat Buah Jeruk Untuk Melindungi Tubuh Dari Penyakit Mematikan

Manfaat buah jeruk salah satunya yaitu sebagai penyumbang Vitamin C terbesar bagi tubuh mengingat tubuh kita hanya mampu memproduksi vitamin C dalam jumlah yang sangat kecil. Tuhan telah menciptakan berbagai macam sumber makanan yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Setiap buah-buahan segar kaya akan zat yang dapat mendukung kinerja organ tubuh dengan baik seperti halnya buah jeruk. Buah jeruk memiliki rasa yang manis dan segar. Nutrisi yang terkandung di dalam buah jeruk dapat membantu tubuh melawan berbagai macam penyakit dengan cara meningkatkan sistem imun. Seseorang yang mengonsumsi buah jeruk memiliki resiko yang kecil terhadap serangan penyakit berat seperti masalah kardiovaskular, kanker hingga gangguan pencernaan. Berikut adalah manfaat buah jeruk yang sangat penting bagi tubuh kita:

  1. Menjaga kestabilan tekanan darah:
    Jus jeruk sangat baik jika dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi. Apa alasanya? karena di dalam buah jeruk terkandung zat magnesium yang berfungsi mengembalikan tekanan darah yang rendah kembali ke normal. Jika kadar magnesium dalam sel darah seseorang tergolong rendah, maka disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium dengan dosis 400-1.200 miligram per hari. Magnesium dapat menurunkan tekanan darah sekitar 9 mmHg. Asupan magnesium yang ideal adalah sekitar 6 miligram untuk setiap 2,2 pon berat kita. Sementara magnesium terkandung di dalam satu buah jeruk sekitar 27 miligram.
  2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh:
    Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air dan sangat mudah diserap seluruh bagian tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah jeruk mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh kita akan terhindar dari virus seperti flu atau pilek. Vitamin C akan bekerja sama dengan enzim-enzim untuk mengumpulkan dan menyaring racun atau zat polutan dalam tubuh. Fungsi utamanya adalah untuk menangkap radikal bebas dan menetralisirnya sebelum radikal bebas itu bisa merusak sel dalam tubuh kita.
  3. Melindungi tubuh dari penyakit yang mematikan:
    Buah jeruk mengandung senyawa flavanoid yang dapat menangkal radikal bebas sehingga tubuh akan terhindar dari penyakit – penyakit mematikan seperti penyakit jantung, kanker, dan tumor. Penyebab timbulnya penyakit ini karena pola hidup yang kurang sehat dan faktor genetik.
  4. Mencegah Kanker:
    Penelitian ilmiah terbaru telah membuktikan bahwa buah jeruk mampu mencegah beberapa jenis kanker. Buah jeruk mengandung vitamin D yang berperan penting untuk melindungi tubuh dari kanker kulit, kanker payudara, kanker mulut, kanker usus dan kanker paru-paru.
  5. Mengobati & Mencegah Bisul:
    Bisul dapat muncul pada bagian tubuh tertentu sebagai akibat dari kondisi pencernaan yang kurang baik. Tubuh tidak dapat mengeluarkan racun sehingga racun yang seharusnya dapat dikeluarkan melalui usus besar mencari jalan lain melalui permukaan kulit. Serat yang terkandung di dalam buah jeruk akan membantu sistem pencernaan mengolah makanan dengan baik, mengedarkan nutrisi yang diperlukan tubuh, dan membuang racun melalui usus besar.
  6. Mencegah Batu Ginjal:
    Risiko pembentukan batu ginjal dapat dikurangi dengan mengonsumsi satu gelas perasan jeruk secara teratur. Terlalu banyak konsentrasi mineral dan bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan kinerja ginjal terganggu. Sistem kerja ginjal akan semakin lambat sehingga terjadi penumpukan penyebab batu ginjal. Agar hasilnya lebih maksimal, disarankan untuk meminum perasan jeruk pada malam hari sebelum tidur karena pada saat malam hari kondisi urine penderita ginjal mengandung sedikit asam sitrat.
  7. Membantu Menurunkan Berat Badan:
    Buah jeruk mengandung antioksidan tinggi dan kalori yang cukup rendah sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi kita yang sedang menjalani program diet. 100 gram buah jeruk hanya mengandung 53 kalori yang artinya kurang dari 3% dari jumlah asupan kalori harian yang diperlukan oleh tubuh.
  8. Mengurangi Risiko Serangan Jantung:
    Manfaat lain dari buah jeruk adalah mencegah penyakit jantung. Buah jeruk mengandung substansi nabati yang bernama Hesperidin berfungsi melindungi pembuluh arteri agar tidak tersumbat, meningkatkan kesehatan sel-sel darah di dalam pembuluh tersebut.
  9. Mencegah Anemia:
    Anemia adalah suatu kondisi yang umumnya terjadi karena sel darah merah atau hemoglobin berkurang. Kekurangan zat besi merupakan penyebab dari penyakit ini. Buah jeruk mengandung vitamin C yang bertugas meningkatkan penyerapan zat besi di dalam aliran darah.
  10. Membuat Kulit indah dan Awet Muda:
    Sifat antioksidan dari buah jeruk menjadikan kulit tampak segar, cantik dan awet muda karena tubuh terhindar dari penuaan dini. Selain itu, antioksidan dengan kombinasi vitamin C melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas.

Mengonsumsi buah jeruk dalam bentuk jus sangat disarankan bagi kita yang beraktifitas di luar rumah. Selain dapat menekan lapar, jus jeruk dengan cepat akan membantu kondisi tubuh yang dehidrasi. Jus jeruk segar mengandung sumber nutrisi yang bermanfaat seperti mineral, vitamin, flavonoid dan nutrisi nabati. Vitamin C sangat penting untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Berikut adalah takaran zat-zat yang terkandung di dalam buah jeruk per 100gram.

– Kalori 110 kkal
– Karbohidrat 25 g
– Gula 21 g
– Serat makanan 0,5 g
– Protein 2 g
– Total lemak 0,32 g
– Kolesterol 0 mg
– Vitamin C 82 mg
– Thiamin 0,28 mg
– Folat 45 mcg
– Vitamin B6 0,13 mg
– Vitamin A 1,94 mg
– Niacin 0,70 mg
– Kalium 473 mg
– Magnesium 27 mg
– Kalsium 350-500 mg
– Besi 0,42 mg
– Sodium 2 mg

Setelah mengetahui manfaat buah jeruk, jangan lupa menambahkannya ke dalam porsi makanan harian kita ya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts