Berat Badan Turun Drastis Setelah Mengonsumsi Buah Mangga

manfaat buah mangga

manfaat buah mangga

Manfaat Buah Mangga Dapat menurunkan Berat Badan Secara Drastis

Manfaat buah mangga dapat menurunkan berat badan secara drastis, benarkah? Berita yang cukup menggembirakan bagi wanita yang sedang menjalani program diet bukan? Buah mangga adalah buah yang sedang musim akhir-akhir ini sehingga anda dapat dengan mudah memperolehnya dengan harga yang sangat terjangkau. Mangga atau mempelam merupakan jenis tanaman yang digolongkan ke dalam jenis Mangifera. Buah mangga memiliki nama ilmiah Mangifera indica. Pohon mangga termasuk tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 meter. Tumbuhan ini mencapai tinggi hingga 10 sampai 40 meter. Pohon mangga ditemukan pertama kali di perbatasan India dengan Burma dan mulai menyebar ke Asia Tenggara hingga dibudidayakan dengan baik di Indonesia.

Buah mangga organik atau yang tumbuh secara alami tanpa rekayasa genetika serta penambahan pupuk yang mengandung pestisida lebih baik dikonsumsi oleh tubuh. Buah mangga yang masak pohon memiliki rasa yang manis serta aroma yang harum dan legit. Memilih buah mangga yang masak pohon memang susah susah gampang. Jika tidak cermat dalam memilih, anda akan mendapatkan buah mangga yang rasanya asam dan tidak segar. Buah mangga yang masak pohon memiliki ciri kulit yang dilapisi semacam lilin tipis berwarna putih. Selain itu, buah mangga yang masak pohon bentuknya padat dan penuh pada bagian ujung buah. Anda dapat memilih buah mangga yang berwarna kuning pada ujungnya dan tercium aroma harum. Buah mangga yang berkualitas memiliki ciri daging buah yang lembut, tidak keras dan tidak keriput.

Di dalam 225 gram buah mangga mengandung beberapa manfaat zat yang sangat baik bagi tubuh atara lain sebagai berikut:

– kalori sebesar 114kkal

Kalori yang diperlukan bagi tubuh setiap orang tidaklah sama. Hal ini dipengaruhi oleh usia, berat badan, tinggi badan, serta aktifitas yang dilakukannya setiap hati. Kalori yang terkandung dalam buah mangga ini bekerja sebagai pengontrol berat badan, anda dapat mengukur terleih dahulu berapa jumlah kalori yang diperlukan tubuh. Mengurangi kalori dengan berolahraga atau menghindari makanan tertentu tidak menjamin keberhasilan diet anda karena mengurangi porsi makan bukan berarti dapst mengurangi jumlah kalori yang tersimpan di dalam tubuh.

– 76 persen vitamin C: Vitamin C yang terkandung di dalam buah mangga bertugas untuk memperbaiki sistem imun dan regenerasi sel-sel mati.

– 25 persen vitamin A: Vitamin A berperan dalam memperbaiki sel-sel penglihatan sehingga mata anda akan terjaga dari kerusakan.

– 11 persen vitamin B6: Tugas dari Vitamin B6 ini adalah untuk memproduksi hormon yang dapat meningkatkan ketajaman pikiran, mengurangi resiko seseorang terkena jantung koroner.

– 9 persen serat probiotik

Prebiotik merupakan nutrisi yang cocok bagi pertumbuhan bakteri baik bagi tubuh. Di dalam tubuh ada bakteri baik? ya, nama bakteri tersebut adalah bakteri probiotik. Buah mangga yang mengandung prebiotik akan membantu perkembangbiakan bakteri probiotik sehingga akqn memperbaiki proses pencernaan di dalam usus. Semwkin baik proses pencernaan, kita akan terhindar dari sembelit dan wasir.

– 7 persen kalium dan 4 persen magnesium: kalium dan magnesium berfungsi untuk memperbaiki tulang dan mencegah osteoporosisis.

Selama mengonsumsi buah mangga, tubuh akan terasa lebih cepat kenyang. Kalori yang dihasilkan buah mangga akan lebih lama dicerna sehingga kita tidak mudah merasa lapar. Kelebihan kalori dalam tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak yang mudah terbakar jika kita melakukan banyak aktifitas. Berbeda halnya ketika kita mengonsumsi nasi. Nasi mudah sekali dicerna tubuh sehingga tubuh akan lebih cepat merasakan lapar. Hasil penelitian yang dilakukan lembaga studi di Amerika Serikat menyatakan bahwa mengonsumsi 150 gram nasi lebih dari lima kali seminggu dapat meningkatkan resiko diabetes sebesar 17%. Hal ini disebabkan karena nasi putih mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Bukan haya itu saja, mengonsumsi nasi yang berlebihan juga dapat menyebabkan kanker dan penyakit kardiovaskular. Selain itu, serat menghasilkan energi yang rendah lemak dan gula. Sebagai perbandingan, 1 gram lemak = 9 kalori, 1 gram karbohidrat = 4 kalori, 1 gram protein = 4 kalori, dan 1 gram serat = 0 kalori.

Maanfaat buah mangga bagi anda yang sedang menjalani program diet adalah untuk melancarkan metabolisme di dalam tubuh. Buah mangga yang kaya akan vitamin terutama prebiotik dapat membantu kerja usus besar membuang sisa makanan. Serat yang terkandung di dalam buah mangga secara signifikan dapat mengatasi sembelit. Serat mempertahankan kadar air di dalam saluran pencernaan sehingga membantu melunakkan feses, dan feses menjadi lebih mudah dikeluarkan. Buang air besar yang lancar akan membantu
mengurangi gerakan otot-otot anus dan mengurangi tekanan pada rektum, sehingga wasir pun dapat dicegah.

Mengonsumsi buah mangga tanpa menambahkan pemanis lain seperti gula atau sirup lebih disarankan untuk menurunkan berat badan secara cepat. Jus mangga mengandung kadar gula yang lebih tinggi daripada mengonsumsi buah mangga yang hanya dipotong-potong atau sebagai campuran salad. Jika anda menambahkan gula ketika mengonsumsi buah mangga, secara otomatis anda telah menambahkan kalori ke dalam makanan anda. Perlu diingat bahwa serat buah mangga mengandung sedikit kalori dan anda harus bergerak ekstra jika tidak ingin kalori di dalam gula yang telah anda konsumsi diubah menjadi lemak sebagai cadangan. Mengonsumsi jus mangga adalah cara yang cukup cerdik ketika anda akan menghadapi hari-hari yang berat dengan rutinitas padat. Dengan begitu anda masih tetap memiliki cukup energi tanpa harus menyimpan cadangan lemak karena kalori akan terbakar selama anda banyak beraktifitas.

Serat buah mangga adalah kunci utama mengapa buah ini dapat menurunkan berat badan anda secara drastis. Serat buah mangga bertugas melancarkan proses pencernaan anda, mengikat kolesterol, membawa asamempedu dan mengeluarkannya dari tubuh bersama dengan feses. Dengan begitu, tubuh tidak lagi menyimpan racun racun penyebab kolesterol dalam darah serta permasalahan kulit seperti bisul dan jerawat akibat metabolisme yang tidak lancar. Berita lain yang tidak kalah penting, manfaat buah mangga dapat mencegah Kanker Colon karena serat mempercepat perjalanan makanan dalam saluran pencernaan sehingga memperpendek waktu transit dan mencegah penumpukan material penyebab kanker pada saluran pencernaan.

Tags:
author

Author: 

Related Posts