Buah Naga Sebagai Alternatif Menurunkan Kolesterol

 

Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga Untuk Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah naga terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Tanaman buah naga atau dikenal dengan istilah dragon fruit merupakan jenis tanaman kaktus yang sebenarnya berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Kini jenis tanaman kaktus yang cantik ini telah banyak dibudidayakan di Asia Tenggara seperti negara Taiwan, Vietnam, Malaysia, dan di Indonesia. Asal mula pemberian nama buah dari jenis tanaman kaktus ini berawal dari tahun 1870. Untuk pertama kalinya, tanaman ini dibawa oleh para pedagang Perancis dari Guyana menuju  Vietnam sebagai tanaman hias. Bagi penduduk Vietnam dan China, buah  ini dianggap sebagai pembawa berkah sehingga selalu diletakkan di sekitar patung naga berwarna hijau di meja persembahan atau peribadatan. Penduduk Vietnam kemudian menjuluki buah ini dengan sebutan thang loy yang berarti dragon fruit.

Selain rasanya manis dan segar, buah naga menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Penelitian ilmiah telah membuktikan mengenai manfaat apa saja yang terkandung di dalam dragon fruit bagi tubuh manusia. Salah satunya yaitu dragon fruit dipercaya mampu menurunkan kolesterol dan menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Kandungan vitamin C, beta karoten, kalsium, dan karbohidrat, serta serat yang tinggi berfungsi sebagai pengikat karsinogen dan memperlancar proses pencernaan pada usus. Untuk menurunkan kolesterol, manfaat dari dragon fruit terletak pada biji-bijinya yang berwarna hitam. Biji-biji ini tampak sebagai bintik-bintik pada buah baik yang berwarna putih atau ungu. Biji-biji dragon fruit mengandung lemak tak jenuh ganda, ini berguna untuk mengikat kolesterol pada sistem peredaran darah. Selain itu, serat dari dragon fruit akan bekerja pada saluran pencernaan, mengikat asam empedu yang merupakan produk akhir dari kolesterol dan dikeluarkan pada saat buang air besar. Oleh karena itu, banyak pakar dan dokter kesehatan yang menyarankan untuk mengonsumsi dragon fruit sebagai tambahan menu pada makanan karena selain dapat menurunkan kolesterol, dragon fruit memiliki kasiat yang sangat besar bagi tubuh.

Berikut adalah kandungan yang terdapat dalam dragon fruit:
– Air 90,20%
– Kadar gula 13-18 mg
– Karbohidrat 11.5 gram
– Protein 0.53 gram
– Asam 0.139 gram
– Serat 0.71 gram
– Fosfor 8,7 mg
– Magnesium 60.4 mg
– Kalsium134.5 mg
– Vitamin C 9.4 mg

Dari kandungan di atas, maka manfaat buah naga yang akan diperoleh tubuh selama mengonsumsinya adalah:

– Dragon fruit dapat menurunkan darah tinggi dan kolesterol dalam darah sehingga baik untuk kesehatan jantung. Tubuh memerlukan lebih banyak serat untuk memaksimalkan proses penyaringan dan metabolisme di dalam tubuh. Semakin banyak serat yang dikonsumsi, kinerja organ seperti ginjal dan jantung menjadi tidak terlalu “ngoyo” atau terpaksa melakukan proses yang terlalu berat.
– Dragon fruit sangat baik untuk melawan radikal bebas karena merupakan sumber antioksidan yang tinggi. Sebagaimana yang telah diketahui, radikal bebas dapat memicu aktifnya sel-sel kanker di dalam tubuh. Oleh karena itu untuk mencegah proses pembentukan sel-sel kanker tersebut maka sangat disarankan untuk mengonsumsi buah ini.
– Dragon fruit mampu meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung banyak vitamin C. Beberapa jenis virus dan bakteri lebih cepat berkembang di dalam tubuh seseorang yang memiliki sitem imun lemah. Vitamin C mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan mematikan virua dan bakteri sebelum berkembang dan melumpuhkan organ penting.
– Dragon fruit sangat baik untuk menyembuhkan batuk dan penderita asma. Buah ini mampu melawan asma dan batuk begitu langsung dikonsumsi. Batuk dan asma dapat disebabkan karena faktor penyebaran virus yang bertebaran di udara, debu, atau bulu hewan peliharaan. Dengan mengonaumai buah ini, tubuh akan bekerja secara maksimal untuk menangkal virus dan bakteri penyebab batuk dan asma.
– Dragon fruit baik untuk meningkatkan metabolisme, itu karena mengandung vitamin B1 dan B2. Kedua vitamin ini berkhasiat membantu pembentukan sel-sel darah merah. Hemoglobin atau sel darah merah memiliki peranan yang penting di dalam tubuh. Salah satunya yaitu dengan mengedarkan nutrisi ke bagian tubuh yang memerlukannya. Kandungan protein dalam dragon fruit membantu setiap sel darah merah untuk dapat bekerja secara maksimal.
– Dragon fruit juga sangat baik untuk meningkatkan penglihatan dan mencegah hipertensi.
Vitamin B sangat baik untuk kesehatan mata.Vitamin ini dapat diperoleh dari mengonsumsi dragon fruit. Selain itu, hipertensi dapat dicegah dengan menambahkan banyak serat dalam tubuh karena kegemukan juga dapat memicu seseorang mengalami hipertensi.
– Dragon fruit juga mampu menurunkan berat badan, jadi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi dragon fruit lebih banyak.
– Dragon fruit sangat baik untuk memperkuat tulang karena mengandung kalsium, magnesium dan fosfor. semakin bertambahnya usia, kondisi tulang seseorang menjadi menurun dan dapat menyebabkan osteoporosis. pengeroposan tulang dapat dicegah dngan mengonsumsi buah ini sdini mungkin.

Demikian adalah manfaat buah naga yang sangat penting bagi tubuh kita. selain rasanya enak, buah ini dapat dengan mudah diolah tanpa menambahkan pemanis apapun. Anda dapat menikmatinya sebagai campuran salad dan membuatnya menjadi smoothie atau jus. Untuk mendapatkan huah ini tidaklah sulit dan harganya pun terjangkau. Biasakan mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah-buan yang terbukti sangatlah baik bagi kesehatan. So, mulai sekarang terapkan kebiasaan baik agar menjadi lebih sehat ya.

Pencarian Terkait

Tags:
author

Author: 

Related Posts