Manfaat Buah Nanas Terbukti 500% Lebih Efektif Mengusir Batuk.

manfaat buah nanas

manfaat buah nanas

Manfaat buah nanas dapat menekan batuk lebih efektif dibandingkan sirup obat batuk.

Buah nanas mengandung bromelain, yaitu enzim protease yang ditemukan dalam nanas dan bersifat anti-inflamasi. Enzim ini dapat melawan infeksi dan membunuh bakteri pada tenggorokan. Selain menyembuhkan batuk, minum satu cangkir jus nanas akan memenuhi hampir 50% kebutuhan harian untuk asupan vitamin C. Nutrisi ini bekerja mengatur metabolisme dan menambah energi. Jus nanas juga mengandung zat mangan, mineral yang membantu pembentukan jaringan ikat yang sehat pada tulang. Mangan bekerja menyerap lebih banyak kalsium, mencerna karbohidrat dan lemak, dan meningkatkan fungsi saraf.

Manfaat buah nanas yang mengandung bromelain banyak digunakan oleh perusahaan farmasi dan dipasarkan sebagai anti-inflamasi alami untuk gangguan penyakit seperti arthritis. Bromelain merupakan zat yang cukup populer di Jerman karena telah dipercaya khasiatnya sebagai pengobatan peradangan dan pembengkakan pada hidung dan sinus karena operasi atau cidera. Jika Anda terserang batuk, jangan terburu-buru mengonsumsi obat batuk karena hanya dengan meminum jus nanas batuk akan segera reda. Jus nanas membantu menenangkan sakit tenggorokan dan membantu mengeluarkan lendir dengan mudah. Dalam sebuah penelitian bernama “Der Pharma Chemica” yang dilakukan pada tahun 2010, para peneliti berusaha menemukan perawatan yang efektif bagi pasien penderita Tuberculosis. Sebagai bagian dari hasil studinya, mereka menemukan bahwa campuran jus nanas mentah, merica, garam dan madu yang diberikan kepada pasien setiap hari terbukti dapat melarutkan lendir pada paru-paru. Ekstrak buah nanas yang masih mentah dapat mengeluarkan lendir lima kali lebih cepat daripada obat batuk sehingga pasien pulih 4,8 kali lebih cepat.

Berikut cara membuat ramuan tradisional sebagai manfaat buah nanas untuk mengusir batuk:

– 1 cangkir jus nanas segar
– 1/4 cangkir jus lemon segar
– 3 cm jahe parut dan peras airnya
– 1 sdm madu
– 1/2 sdt cabai rawit
* takaran 1 cangkir sama dengan 250 ml.

Campurkan semua bahan, kemudian diminum 2-3 kali sehari sebanyak 4-5 sendok makan hingga sembuh.

Kita dapat mengonsumsi buah nanas langsung tanpa dijus. Selain dapat meredakan batuk, berikut adalah manfaat dari buah nanas yang sangat baik bagi tubuh kita:

– Mengurangi peradangan dan infeksi.
Enzim bromelain yang diekstrak dari buah nanas mampu mengobati sejumlah kondisi termasuk nyeri pada persendian, pembengkakan pada luka. Bromelain bermanfaat untuk pasien rematik karena enzim ini meningkatkan penyerapan sulfur dan glukosamin yang penting untuk memperbaiki sendi. Karena memiliki kemampuan yang baik dalam memecah protein, bromelain dapat memecah protein dalam jaringan yang bengkak sehingga mengurangi efek kekejangan pada otot.

– Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cepat.
Buah nanas juga mengandung vitamin C. Tingginya kandungan vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan berfungsi sebagai antioksidan. Buah nanas juga sarat dengan vitamin dan mineral termasuk vitamin A, mangan, tembaga, vitamin B1, vitamin B6, serat, kalsium folat, fosfor, dan kalium. Nanas dikenal karena kemampuannya membangun dan mempertahankan tulang yang kuat karena tingginya kandungan mineral mangan mangan mineral.

– Memperbaiki sistem pencernaan.
Enzim bromelain membantu pencernaan dengan cara memecah protein. Inilah alasannya mengapa jus nanas seringkali digunakan sebagai resep untuk membantu melunakkan daging. Dengan memecah protein dalam usus, bromelain membantu meringankan sakit perut dan juga menyembuhkan gangguan pada pencernaan. Hasil studi mengemukakan bahwa bromelain mampu mengurangi aktivitas sel kanker terutama kanker colon. Pada beberapa hewan, bromelain efektif mengobati beberapa bakteri dan virus secara signifikan.

– Mengurangi resiko terhadap degenerasi makula.
Penyakit ini paling umum diderita seseorang seiring bertambahnya usia. Degenerasi makula merupakan gangguan penglihatan akibat kerusakan pada retina. Buah nanas mengandung beta karoten yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Beta karoten dikenal sebagai sumber vitamin A yang dapat mencegah kerusakan pada jaringan tubuh baik yang
disebabkan oleh racun maupun zat lain yang merupakan hasil samping dari metabolisme tubuh. Peran beta carotene sebagai pencegah kerusakan pada retina yang menyebabkan ketidakfokusan mata dalam melihat objek sehingga tidak dapat melihat objek dengan jelas.
Beberepa penelitian lain menunjukkan bahwa betakaroten ini bersifat anti karsinogen yaitu zat yang dapat menggagalkan pertumbuhan sel kanker sebelum membentuk kanker terutama kanker serviks dan kanker pada saluran pernafasan.

– Membantu mengurangi berat badan.
Buah nanas padat akan nutrisi. Satu cangkir potongan buah nanas mengandung sekitar 80 kalori. Makanan yang padat nutrisi dapat membantu mengontrol berat badan karena memberikan efek kenyang yang lebih lama dan memenuhi kebutuhan tubuh akan asupan serat dan sejumlah vitamin serta mineral yang penting.

Karena buah nanas memiliki kadar gula tinggi, tubuh dapat meningkatkan energi dengan cepat untuk melakukan banyak aktifitas. Bagi penderita diabetes disarankan untuk tidak banyak mengonsumsi buah nanas karena buah ini memiliki indeks glikemik menengah yang dapat memicu peningkatan kadar gula darah dalam tubuh.

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts