Melancarkan Pencernaan Dengan Buah Pepaya

manfaat buah pepaya

manfaat buah pepaya

Manfaat Buah Pepaya Untuk Mempercantik Kulit.

Manfaat buah pepaya tidak hanya bagus untuk kesehatan organ tubuh tetapi sangat baik untuk perawatan kulit. Pepaya adalah buah yang banyak disukai karena rasanya manis dan daging buahnya yang  lembut. Karena membudidayakannya begitu mudah, buah pepaya banyak dijumpai di pekarangan rumah maupun di kebun. Kita juga dapat menemukan beberapa jenis buah pepaya di supermarket. Tahukah anda bahwa beberapa jenis buah pepaya yang dijual di supermarket merupakan buah hasil rekayasa genetika? Ya, buah import memang berbeda dengan buah yang ditanam secara tradisional. Kebanyakan dari buah import telah mengalami penyesuaian genetik dengan menambahkan obat-obatan kimia untuk meningkatkan kualitas buah. Buah pepaya yang tumbuh secara alami mengandung kelebihan dibandingkan dengan buah pepaya yang ditanam secara konvensional. Artinya, tanaman organik sama sekali tidak mengandung jenis pupuk atau obat-obatan rekayasa genetika. Beberapa negara di Eropa menolak impor buah pepaya yang diproduksi secara konvensional atau hasil dari rekayasa genetika namun di Amerika Serikat dan Kanada tidak melarang akan hal tersebut. Sama halnya dengan di Indonesia, buah pepaya impor memang memiliki rasa yang lebih legit, aroma buah yang segar serta warna buah yang mengundang selera. Berikut adalah manfaat buah pepaya yang sangat baik bagi tubuh kita:

  1. Buah pepaya merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik.
    Buah pepaya mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin B kompleks, serta  kaya akan magnesium, tembaga dan kalium. Vitamin A dan vitamin C merupakan antioksidan kuat, sehingga pada jaman dahulu, Christopher Columbus menyebutnya sebagai buah penyelamat. Buah pepaya terbukti dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh dan racun penyebab penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit kardiovaskular.
  2. Buah pepaya dapat menurunkan kadar kolesterol.
    Manfaat buah pepaya yaitu sebagai pencegah kolesterol. dengan meminimalisir kadar LDL yang masuk ke dalam tubuh. LDL atau Low-density lipoprotein merupakan kolesterol jahat yang dapat menyatu dengan lemak dan zat-zat lain yang kemudian menumpuk di dinding bagian dalam arteri. Pembuluh arteri dapat tersumbat dan menyempit sehingga mengakibatkan aliran darah berkurang. Buah pepaya meningkatkan kadar HDL atau High-density lipoprotein (HDL) yang merupakan kolesterol baik sehingga akan membawa kolesterol berbahaya dari arteri dan membantu melindungi tubuh dari serangan jantung dan stroke.
  3. Buah pepaya kaya akan serat dan meningkatkan kesehatan pencernaan.
    Untuk menjaga kondisi pencernaan agar dapat bekerja secara maksimal, tubuh memerlukan asupan makanan yang kaya akan serat. Buah pepaya bersifat mengenyangkan, satu potong buah pepaya dapat memenuhi seperempat asupan harian yang dianjurkan. Bagi yang sedang menjalani terapi atau mengonsumsi obat-obatan, dianjurkan mengonsumsi buah pepaya untuk dapat menyeimbangkan kinerja usus dalam menyaring nutrisi. Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu meringankan beban kerja usus dan lambung dalam mencerna makanan.
  4. Buah pepaya mengandung enzim unik yang dapat meredakan peradangan.
    Enzim chymopapin dan papain yang terkandung di dalam buah pepaya merupakan enzim yang dapat membantu menurunkan reaksi inflamasi pada tubuh. Inflamasi atau radang adalah respon sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi dan iritasi. Inflamasi pun sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan kronis seperti kanker, diabetes, dan obesitas. Buah pepaya dapat meredakan peradangan yang terjadi pada persendian dan mengurangi resiko infeksi terhadap luka.
  5. Buah pepaya meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
    Buah pepaya yang kaya akan vitamin A dan vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh serta membantu melawan virus dan bakteri. Kandungan vitamin C pada buah pepaya jauh lebih tinggi daripada yang dikandung oleh beberapa jenis jeruk, sehingga lebih efektif untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan mencegah beberapa penyakit. Dengan mengonsumsi buah pepaya, tubuh terhindar dari penyakit mematikan sebagai akibat dari lemahnya sistem kekebalan tubuh.
  6. Buah pepaya bersifat anti-kanker.
    Antioksidan dalam pepaya diuji secara efektif mampu melawan kanker. Pepaya mengurangi risiko pria terkena kanker prostat, terutama jika dikombinasikan dengan minuman teh hijau. Buah pepaya juga mencegah kanker darah dan sumsum tulang dengan cara menghentikan sel-sel dari oksidasi. Enzim papain pada buah pepaya dapat membantu mengurangi efek samping dari kemoterapi. Buah ini telah terbukti mampu menangkal kanker usus besar. Dengan bantuan buah pepaya, sel-sel yang rusak pada dengan cepat akan di regenerasi sehingga tidak terjadi penumpukan zat berbahaya pemicu kanker.
  7. Buah pepaya dapat menjaga kesehatan mata.
    Beta karoten dan vitamin A membantu melindungi penglihatan dan dapat memperbaiki saraf penglihatan. Sebuah studi yang dilakukan lembaga Archives of Ophthalmology telah menunjukkan bahwa makan buah pepaya dapat mencegah degenerasi makula terkait usia. Degenerasi makula adalah kerusakan sel-sel khusus pada retina yang berfungsi mendeteksi cahaya dan warna untuk membentuk fokus yang tajam pada peglihatan. Semakin bertambahnya usia, semakin tinggi resiko seseorang mengalami kerusakan tersebut, bahkan pada usia diatas 65 tahun kondisi yang semakin parah dapat menyebabkan seseorang mengalami kebutaan.
  8. Buah pepaya membantu mencegah pembekuan darah.
    Gumpalan darah dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga menyebabkan seseorang terkena serangan jantung atau stroke. Pepaya mengandung fibrin yang berfungsi mencegah pembekuan darah sehingga memungkinkan darah mengalir bebas. Dengan mengonsumsi buah pepaya minimal tiga potong sehari, seseorang akan terhindar dari resiko penyakit stroke.
  9. Buah pepaya mengurangi tingkat stres.
    Mengonsumsi buah pepaya sebagai camilan tidak hanya mengenyangkan saja, tetapi juga dapat membuat kita merasa lebih rileks. Vitamin C yang terkandung di dalam buah pepaya dapat menyeimbangkan kondisi hormon pada tubuh kita.
  10. Buah pepaya bagus untuk kesehatan kulit.
    Pernahkah Anda memperhatikan bahwa pepaya sering dimanfaatkan dalam produk kosmetik, seperti krim, masker wajah dan rambut? Buah pepaya mengandung vitamin E dan beta karoten yang dapat mencegah kerusakan sel melalui aktivitas antioksidannya. Vitamin E juga mendukung produksi kolagen, yang merupakan zat yang dapat menjaga elastisitas kulit sehingga kulit akan selalu kencang dan kenyal. Beta karoten juga dapat menghilangkan keriput dan membuat wajah tampak lebih sehat alami. Kita dapat mengaplikasikan buah pepaya secara langsung pada wajah sebagai masker untuk mendapatkan kulit yang lebih kencang dan halus.

Buah pepaya tidak hanya menyimpan manfaat dibalik daging buahnya yang lembut saja, tetapi juga pada biji-bijinya. Biji dari buah pepaya mengandung protein, kalsium, magnesium dan fosfor. Menurut Maryland Medical Center dan Asia Pasifik Jurnal , biji buah pepaya dapat menyingkirkan parasit pada usus. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa seseorang yang mencampurkan madu dengan biji pepaya dan mengonsumsinya, usus mereka menjadi lebih bersih dan bebas dari parasit penyebab gangguan pencernaan. Jadi jangan terburu-buru membuang biji buah pepaya terlebih dulu ya. Kita dapat menaburkan biji-biji buah pepaya sebagai campuran salad segar.

 

Tags:
author

Author: 

Related Posts