Buah Pisang Meredakan Bad Mood dan PMS

manfaat buah pisang

manfaat buah pisang

Manfaat Buah Pisang Sebagai Pereda PMS dan Depresi

Setelah membaca artikel berikut anda pasti tidak lagi memandang pisang sebagai buah yang biasa-biasa saja. Karena memang benar, manfaat buah pisang tidak hanya mampu meredakan PMS tetapi juga mampu meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan otak hingga menurunkan tingkat depresi. Buah pisang mengandung tiga zat gula alami yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dalam bentuk serat. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa dengan hanya mengonsumsi dua buah pisang, tubuh kita mendapatkan energi yang cukup untuk latihan berat selama 90 menit. Tidak mengherankan jika buah pisang merupakan buah nomor satu yang banyak dikonsumsi para atlet terkemuka di dunia. Bukan hanya energi saja yang akan kita dapatkan setelah mengonsumsi buah pisang, berikut adalah beberapa gejala atau penyakit yang dapat diatasi dengan hanya mengonsumsi buah pisang secara rutin:

DEPRESI
Menurut survei yang dilakukan oleh sebuah lembaga di Amerika bernama MIND, pasien penderita depresi merasa jauh lebih baik setelah mengonsumsi buah pisang sebagai menu tambahan harian mereka. Setelah diteliti lebih lanjut secara ilmiah, buah pisang mengandung tryptophan. Triptophan merupakan jenis senyawa asam amino yang berfungsi dalam pembentukan serotonin dan melatonin. Serotonin dan melatonin yang diproduksi dengan baik di dalam tubuh dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Disamping itu, serotonin dapat membuat tubuh merasa relax, memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang merasa lebih bahagia.

PMS
Menurut penjelasan Dr Ananya Mandal, MD, Sindrom pramenstruasi atau PMS merupakan gangguan secara fisik, emosional, dan ketidakstabilan hormon yang terjadi pada seorang wanita sebelum awal periode menstruasi. Salah satunya yaitu nyeri haid.dan ketidakstabilann hormon tubuh yang seringkali membuat mood kita berantakan. Hati-hati ketergantungan pil pereda nyeri haid. Beberapa ahli kesehatan mengakui bahwa ketika seorang wanita mengalami haid dan mengonsumsi ibuprofen, aliran darah menjadi lambat. Ibuprofen sebagai obat yang tergolong dalam kelompok antiperadangan tidak baik dikonsumsi secara terus menerus karena dapat menyebabkan gangguan pada hati dan ginjal walaupun dapat memberikan efek nyaman pada tubuh. Dengan mengonsumsi buah pisang, tubuh akan mendapatkan asupan vitamin B6 yang dapat mengontrol tingkat glukosa dalam darah, membantu melancarkan peredaran darah, memproduksi sel darah merah dan mengurangi rasa nyeri pada perut.

ANEMIA
Buah pisang mengandung zat besi yang sangat tinggi. Buah pisang dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan membantu menyembuhkan anemia. Zat besi sebagai zat utama yang membantu  Hemoglobin menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh dan memberikan warna merah pada eritrosit (sel darah merah). Dengan mengonsumsi buah pisang, tubuh akan memiliki cukup zat besi untuk membantu kinerja Hemoglobin yang selalu diproduksi oleh tubuh. Tubuh kita cenderung kehilangan darah karena berbagai sebab seperti hancurnya sel darah merah karena rusak, adanya luka baik luka dalam maupun
luar. Wanita akan banyak kehilangan darah selama periode menstruasi, itulah sebabnya perempuan lebih berisiko menderita anemia dibandingkan laki-laki.

TEKANAN DARAH TINGGI
Buah tropis unik ini memiliki kandungan yang sangat tinggi akan kalium dan rendah garam, sehingga dipercaya sebagai buah yang tepat dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Lembaga penelitian pangan di Amerika (jika di Indonesia setara dengan BPOM) bernama US Food and Drug Administration telah mengizinkan perkebunan pisang untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk dalam mengurangi risiko tekanan darah dan stroke sehingga buah pisang diproduksi secara besar-besaran untuk memenuhi kebutuhan.

KINERJA OTAK
Sekitar 200 siswa di sekolah Twickenham di Inggris merasa terbantu dalam ujian akhir tahun mereka setelah memakan buah pisang ketika sarapan, istirahat, dan makan siang dalam upaya untuk meningkatkan kinerja otak mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu siswa belajar dengan penuh konsentrasi.

SEMBELIT
Sembelit adalah kelainan pencernaan berupa pengerasan tinja sehingga buang air besar menjadi sulit dan menyakitkan. Sembelit dapat terjadi karena pola makan yang buruk, kurangnya makanan berserat, serta terlalu banyak makan makanan yang sulit dicerna. Buah pisang kaya akan serat sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah sembelit.

MABUK atau MUAL
Salah satu cara paling cepat untuk mengatasi rasa kurang nyaman pada saat tubuh sedang mual adalah dengan meminum milkshake pisang. Kita dapat membuat jus pisang yang dicampur madu dan susu sebagai bekal perjalanan untuk mengurangi rasa mual saat perjalanan. Manfaat buah pisang dapat membantu menenangkan perut, madu dapat menormalkan kadar gula darah, sementara susu akan mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

MAAG
Buah pisang memiliki efek antasid pada tubuh sehingga dapat menetralisir asam lambung. Seseorang yang menderita maag, cairan di  dalam lambungnya akan menjadi lebih asam. Buah pisang mengandung zat antasida yang dapat meredakan rasa perih akibat kandungan asam yang berlebihan pada lambung seperti yang terjadi pada penderita tukak lambung. Buah pisang secara langsung akan menetralisir keasaman, meningkatkan pH, atau secara reversibel mengurangi atau
menghalangi sekresi asam lambung oleh sel untuk mengurangi keasaman di perut. Rasa perih akan terasa ketika asam klorida lambung mencapai saraf pada saluran cerna. Lalu saraf tersebut mengirim
sinyal rasa sakit ke sistem saraf pusat. Jadi jika kita mengalami gejala maag, cobalah makan pisang untuk meredakannya.

MORNING SICKNESS
Ketika bangun tidur, tubuh mengalami penyesuaian sehingga lambung masih bekerja secara lambat dalam memproses makanan. HAL ini yang membuat kita seringkali merasa mual ketika bangun pada pagi hari. Untuk mengatasinya kita dapat mengunyah satu buah pisang untuk menjaga kadar gula darah dan menghindari mual di pagi hari.

GIGITAN NYAMUK
Bagian dalam kulit pisang dapat digunakan sebagai pengganti lotion anti nyamuk. Caranya, cukup gosokkan bagian dalam kulit pisang pada bagian kulit  yang sering terkena gigitan nyamuk. Kulit pisang juga dapat meredakan bengkak dan gatal akibat alergi terhadap gigitan nyamuk.

SARAF
Buah pisang mengandung vitamin B yang membantu menenangkan
sistem saraf agar tidak terus merasa lapar. Sebagai wanita, kebiasaan mengudap adalah hal yang tidak bisa dihindari sehingga seringkali kita menyimpan makanan ke dalam toples dan meletakkannya di meja kerja. Sebuah Studi yang dilakukan di Institut Psychology Austria menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan seseorang lebih mudah meraih makanan yang menenangkan seperti coklat dan keripik. Dari 5.000 pasien, peneliti menemukan peningkatan berat badan tertinggi dialami oleh mereka yang mengalami tekanan pekerjaan. Laporan tersebut menyimpulkan bahwa, untuk menghindari kecanduan akan makanan tersebut, kita perlu untuk mengontrol kadar gula darah dengan mengudap makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Mengonsumsi buah pisang terbukti dapat menekan rasa lapar dan keinginan untuk ngemil selama hampir 2 jam.

PENGATUR SUHU
Banyak negara maju yang telah mempercayai khasiat buah pisang sebagai buah yang sangat baik bagi ibu hamil. Di Thailand misalnya, ibu hamil yang rutin mengonsumsi buah pisang melahirkan bayi dengan kondisi suhu tubuh yang stabil dan menurunkan tingkat emosional sang ibu.

Manfaat buah pisang dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi permasalahan di atas. Jika dibandingkan dengan apel, buah pisang mengandung protein empat kali lipat lebih banyak, dua kali lipat karbohidrat, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat vitamin A, dan dua kali lipat vitamin serta mineral lainnya.

 

Pencarian Terkait

Tags:
author

Author: 

Related Posts