Perbaiki Sistem Pencernaan dengan Buah Semangka

manfaat buah semangka

manfaat buah semangka

Manfaat Buah Semangka Untuk Melancarkan Metabolisme

Manfaat buah semangka yang paling utama adalah untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh. Sebagaimana yang telah kita ketahui, Buah semangka adalah jenis buah-buahan yang tumbuh dengan subur daerah tropis. Buah semangka pada awalnya ditemukan tumbuh di negara-negara di Afrika Selatan yang memiliki iklim paling tropis di dunia. Buah ini tidak hanya kaya akan karbohidrat, tetapi juga mengandung vitamin A & C serta kalium yang menjadikannya sebagai buah terbaik untuk dikonsumsi di negara-negara beriklim tropis dengan panas yang terik. Selain rasanya manis, buah semangka memiliki kandungan air mencapai 95%. Tidak hanya itu, buah ini kaya akan kandungan serat dan elektrolit sehingga sangat ideal jika dikonsumsi sebagai buah untuk diet. Anda pun dapat dengan mudah menemukan buah ini di pasar tradisional maupun di swalayan karena tetap tumbuh subur tidak hanya pada musim panas tetapi juga pada musim hujan. Harganya yang cukup terjangkau menjadikan buah ini layak dikonsumsi setiap hari.

Untuk membantu menurunkan berat badan, tubuh memerlukan zat yang dapat membantu memaksimalkan metabolisme di dalam tubuh. Zat apa sajakah yang akan diperoleh tubuh anda selama mengonsumsi buah semangka? Nah, inilah sebagian zat penting yang diperlukan oleh tubuh dan yang bisa anda dapatkan dalam satu gelas jus semangka selama menjalani program diet:

– Karbohidrat

Karbohidrat dibutuhkan tubuh untuk membentuk energi. Berbeda dengan nasi, karbohidrat yang terkandung di dalam buah semangka mampu menyeimbangkan berat badan.

– Serat

Pencernaan kita membutuhkan serat untuk melancarkan metabolisme. Makanan yang diolah di dalam usus dapat diserap dengan baik sehingga tubuh tidak akan kehilangan manfaat yang terkandung di dalam makanan tersebut. Serat yang terkandung di dalam buah semangka memberikan efek mengenyangkan sehingga anda dapat mengontrol porsi makan untuk mengurang berat badan.

– Vitamin A

Kandungan vitamin A pada buah semangka dapat membantu menyehatkan mata anda. Hal ini dikarenakan di dalam vitamin A terdapat sejenis senyawa bernama retinol yang berfungsi untuk mempertajam indera penglihatan manusia. Selain tubuh menjadi langsing, manfaat buah semangka tidak hanya untuk menurunkan berat badan tetapi juga menyehatkan mata kita.

– Vitamin C

Tugas vitamin C yang terkandung di dalam buah semangka adalah untuk menurunkan kadar lemak. Para ahli gizi dan pakar kesehatan selalu menyarankan wanita yang sedang menjalani diet untuk mengonsumsi lebih banyak vitamin C. Karena vitamin C bekerja menurunkan kadar insulin sehingga tubuh tidak menyimpan gula dan mengonversi nya menjadi lemak sebagai bahan bakar tubuh.

– Vitamin E

Ingin awet muda? Mengonsumsi buah semangka yang mengandung vitamin E dapat memudarkan kerutan di wajah anda. Vitamin E bertugas sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga tubuh kita akan terhindar dari kerusakan kulit dan penuaan dini.

– Kalsium

Tubuh memerlukan kalsium sebagai asupan untuk tulang. Bagi wanita yang menginjak usia 25 tahun ke atas disarankan mengonsumsi kalsium lebih banyak untuk mengurangi resiko osteoporosis.

Nah, setelah anda mengetahui kandungan zat di dalam buah semangka, berikut adalah manfaat lain yang diperoleh tubuh jika anda mengonsumsi buah semangka untuk diet.

  1. Menyehatkan jantung.

Semangka adalah buah yang sangat kaya akan lycopene. Lycopene merupakan antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas yang berpotensi merusak jaringan dan organ tubuh.

  1. Menurunkan berat badan.

Selain untuk menurunkan berat badan, tujuan utama berdiet adalah untuk menyehatkan tubuh. Buah yang kaya akan air dan mineral sangat diperlukan untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Oleh karena itu buah semangka yang kaya akan vitamin dan elektrolit ini membuktikan khasiatnya yang sangat baik bagi yang sedang menjalankan program diet.

  1. Buah mood booster.

Wanita adalah makhluk moody, iya tidak? Buah semangka yang juga  tinggi akan vitamin B6 bermanfaat bagi tubuh untuk mengurangi kelelahan, stres, dan kecemasan.

  1. Anti aging.

Lycopene yang bermanfaat bagi kulit sebagai antioksidan, sangat efektif memperlambat proses penuaan.

  1. Sumber energi instan.

Buah semangka adalah sumber energi instan yang sangat baik karena mengandung elektrolit (natrium &kalium), mineral dan karbohidrat yang dapat dengan cepat mengatasi dehidrasi serta membuat tubuh lebih berenergi.

  1. Kaya serat.

Serat juga bertanggung jawab untuk mencuci racun dalam tubuh dengan melancarkan buang air besar.

  1. Mengatasi masalah kulit.

Metabolisme yang kurang lancar, kinerja usus besar yang kurang maksimal adalah penyebab munculnya berbagai permasalahan kulit, seperti jerawat dan kulit berminyak. Anda jangan khawatir, selama menjalani program diet, tubuh juga akan menyembuhkan permasalahan kulit tersebut.

  1. Pelembab alami.

Buah semangka dapat membuat kulit anda menjadi lebih bersinar, mengontrol minyak berlebih pada wajah, dan menghidrasi kulit tubuh sehingga tidak menjadi kusam dan kering.

  1. Mencegah penyakit berbahaya.

Selama rutin mengonsumsi satu gelas jus semangka setiap hari, tubuh akan terjaga dari penyakit seperti asma dan kanker pada usus besar.

  1. Menjaga tekanan darah.

Karena mengandung elektrolit yang baik, buah semangka mampu menjaga kestabilan tekanan darah dan menormalkan secara efektif bagi penderita tekanan darah tinggi.

Sekarang saatnya anda membuktikan sendiri manfaat buah semangka sebagai pilihan kesehatan. Tidak hanya tubuh langsing saja yang nantinya akan anda peroleh tetapi juga tubuh yang sehat dan terhindar dari penyakit. Anda pasti berhasil!

Tags:
author

Author: 

Related Posts