Manfaat Buah Tin Untuk Membersihkan Paru-Paru

manfaat buah tin

manfaat buah tin

Buah Tin Dapat Menyehatkan Paru-Paru Terutama Bagi Perokok.

Salah satu manfaat buah tin yaitu untuk menyehatkan paru-paru. Selain untuk menyehatkan paru-paru, buah tin menyimpan banyak sekali manfaat lainnya. Buah tin adalah satu dari jenis buah-buahan yang belum begitu umum dikenal di masyarakat. Apakah anda sudah pernah mengonsumsi buah ini? atau justru belum mengetahui bagaimana bentuk buah tin? Pohon tin merupakan jenis tumbuhan penghasil buah -buahan yang berasal dari Asia Barat. Kata “Tin” diadaptasi dari bahasa Arab, sedangkan dalam bahasa inggris buah ini disebut sebagai fig fruit. Buah tin tumbuh dengan subur di dataran Asia Barat, di sepanjang pantai Balkan hingga Afganistan. Saat ini, buah tin telah banyak dibudidayakan pula di Australia, Cile, Argentina, hingga Amerika Serikat. Anda juga dapat menemukannya di Indonesia. Ciri-ciri pohon tin memiliki batang pohon yang lunak berwarna abu-abu dan dapat tumbuh hingga tingginya mencapai 10 meter. Pada musim tertentu, daun pohon tin berubah warna menjadi kecoklatan dan mulai berguguran. Getah yang dikeluarkan pohon tin dapat mengiritasi kulit. Bagi yang sudah terbiasa mengonsumsinya, buah tin dapat diolah sebagai selai, dikeringkan, dimasak sebagai sayur, atau langsung dimakan karena buah tin tidak dapat tahan lebih lama sehingga cepat busuk.

Daun buah tin mengandung zat yang berfungsi sebagai ekspektoran atau pengencer dahak sehingga sangat berperan bagi kesehatan paru-paru. Salah satu penyakit paru-paru yang dapat disembuhkan dengan daun buah tin adalah bronkitis. Bronkitis adalah peradangan yang terjadi pada cabang tenggorok. Penyakit ini biasanya bersifat ringan dan pada akhirnya akan sembuh dengan beberapa terapi serta pengobatan herbal. Tetapi pada penderita yang memiliki penyakit menahun dan pada usia lanjut, bronkitis akan menjadi penyakit serius jika tidak segera diatasi. Penyakit paru-paru lainnya yang dapat diobati secara herbal dengan memanfaatkan daun buah tin adalah sinusitis. Sinusitis merupakan penyakit peradangan pada bagian atas rongga hidung. Peradangan pada bagian atas rongga hidung bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, virus, menurunnya sistem kekebalan tubuh, flu, stress, kecanduan rokok, maupun infeksi pada gigi. Mengapa daun buah tin dapat berkhasiat menyembuhkan penyakit tersebut? Karena daun buah tin mengandung senyawa xanthone yang merupakan zat antioksidan tinggi, bersifat antiproliferativ, antiinflamasi dan antimikrobial. Senyawa xanthone merupakan subtansi kimia alami yang mampu melawan radikal bebas dan membantu memulihkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Mengolah daun tin sebagai minuman yang diseduh sangat dianjutkan bagi penderita penyakit pernafasan seperti bronkitis, pilek atau sinus.

Zat baik apa sajakah yang terkandung di dalam buah tin?

  1. Kalium, Omega 3, dan Omega 6
    Perpaduan ke tiga zat ini dapat membantu tubuh kita untuk menjaga tekanan darah sehingga mengurangi resiko akan penyakit tekanan darah tinggi dan menurunkan resiko serangan penyakit jantung koroner.
  2. Tryptophan
    Merupakan senyawa yang mampu mengatasi gangguan tidur seperti insomnia, mengurangi kelelahan, meningkatkan daya ingat serta mencegah anemia.
  3. Coumarin
    Zat yang dapat mengurangi resiko Kanker Prostate.
  4. Phenol dan Benzaldehid
    Buah tin kaya akan zat alami ini sebagai zat anti tumor dan dapat membunuh mikroorganisme seperti Jamur dan Virus dalam tubuh manusia.

Berikut adalah manfaat buah tin yang juga tidak kalah pentingnya bagi tubuh anda:

– Buah tin juga memiliki kandungan gizi dan serat yang tinggi untuk menjaga keseimbangan fungsi organ dalam tubuh. Antioksidan nya yang tinggi dapat menghilangkan racun-racun pada saluran pencernaan. Bagi anda yang mengalami gangguan pencernaan, mengonsumsi buah tin akan membantu memperbaiki kinerja usus besar. Buah tin berfungsi sebagai agen pencahar yang dapat melancarkan buang air besar. Dalam sajian per 100 gram buah tin mengandung kalori sebesar 47 kkal. Kandungan ini lebih rendah jika dibandingkan dengan buah anggur dan jeruk mandarin yang mengandung kalori mencapai 70 kkal per 100 gram nya sehingga sangat dianjurkan bagi anda yang sedang menjalani program diet. Anda akan terhindar dari penyakit sembelit karena efek laksatif yang terkandung didalam buah tin. Serat larut yang terdapat pada buah tin yang disebut dengan pektin juga dapat membantu mengurangi kolesterol dalam darah.

– Bagi anda yang jarang berolahraga dan memiliki riwayat penyakit rematik, buah tin merupakan solusi pengobatan herbal untuk mengatasi penyakit ini. Kandungan Kalsium dan Kalium dalam buah tin mampu mencegah penipisan tulang atau osteoporosis dan membantu meningkatkan kepadatan tulang. Dalam 100 gram buah tin mengandung 241mg kalsium yang jumlah takarannya mencapai 2X lebih tinggi daripada kandungan kalsium pada susu. Jumlah kandungan kalsium pada susu hanya sekitar 118mg per 100 gram nya. Berita yang cukup menggembirakan bagi yang memiliki alergi terhadap produk susu. Mengonsumsi buah tin adalah alternatif yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium serta kalium.

Buah tin memiliki rasa yang manis dsn sedikit asam. Jika anda mencium aromanya, buah tin memiliki aroma yang hampir sama dengan jambu biji. Kini, buah tin dapat dibeli dalam bentuk yang telah dikeringkan seperti manisan. Karena manfaat buat tin yang begitu besar, anda dapat mengonsumsinya setiap saat. Mengonsumsi buah tin secara rutin mampu menurunkan resiko terserang kanker payudara dan kanker colon. Jika anda sedang mengalami penyakit kulit seperti bisul dan jerawat, anda dapat memanfaatkan buah tin yang dipanggang kemudian dioleskan pada kulit yang bermasalah. Permasalahan jerawat juga akan teratasi dengan memakan buah tin. Sebagai terapi penyembuhan penyakit wasir disarankan untuk merebus dua atau tiga butir buah tin untuk diminum airnya.

Tags:
author

Author: 

Related Posts